Kediri – Kediri Koi Show Bupati Cup Ke- 9 Tahun 2021

189

Kediri – Kediri Koi Show Bupati Cup Ke- 9 Tahun 2021

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, memberikan apresiasi dengan datang ke lokasi, Kediri Koi Show Bupati Cup ke- 9. Untuk menyaksikan secara langsung kegiatan Kediri Koi Show Bupati Cup yang ke- 9.

Kediri Koi Show Bupati Cup ke- 9, digelar di Hall SLG. Dalam kegiatan tersebut, Bupati Kediri langsung turun ke lokasi, untuk memberikan apresiasi.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Kediri, juga menyerahkan piala kepada juara umum Kontes Ikan Koi.

Selain itu, Kontes Ikan Koi kali ini juga merupakan rekor, dalam jumlah peserta terbanyak dengan jumlah 2.477 ikan, yang diikuti dari peserta berbagai kota se- Indonesia.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan, populasi ikan hias di Kabupaten Kediri mencapai 320 ribuan dan khusus Ikan Koi mencapai di angka 70 ribuan, dengan nilai ekonomisnya hingga 288 miliar.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Kediri harus memberikan perhatian khusus, dengan kepedulian dan mensuportnya.

Hanindhito juga berencana, akan mendatangkan bibit unggul, namum dirinya akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Dinas Perikanan.

Sementara, PLT Kepala Dinas Perikanan Nur Hafidz mengungkapkan, kegiatan Kediri Koi Show ini merupakan hajatan tahunan, yang digelar Pemerintah Kabupaten Kediri. Di tahun 2019 sempat terhenti dikarenakan pandemi covid- 19, dan tahun ini diberi ijin, sehingga kegiatan ini terlaksana.

Nur Hafidz menambahkan, dalam teknis penilaian di Kediri Koi Kontes Bupati Cup ke- 9, Ikan Koi yang dilombakan dinilai dari segi performanya, yang meliputi keseimbangan antara panjang tubuh, dan juga dari warnanya dengan kesesuainnya dan kriteria jenis ikan.

Di Kabupaten Kediri, untuk jenis Ikan Koi ada sekitar 20 jenis, dan yang diunggulkan jenis  Sanke, Kohaku, serta Soa.

Data yang didapatkan dari hasil pemenang lomba Kontes Koi Show ke 9, peserta terbanyak Herru Santoso dari Magetan dengan total 186 ekor Most Handling Magetan Nishikigoi dengan total 183 ekor dari 17 peserta menjadi juara umum.

Kamboja Runner Up Grand Champion Hikari Mujimono 65 Rico Wenas dari Situbondo, kemudian Cempaka Runner Up Grand Champion Hi Ki Utsurimono 65 Christianto dari Kediri.

Selanjutnya, Anggrek Runner Up Grand Champion Tancho 65 Christianto dari Kediri, Melati Runner Up Grand Champion Kinginrin A 63 Andra Pribadi Surabaya. Runner Up Grand Champion Showa Sanshoku 64 Andra Pribadi.

Kamboja Grand Champion Diraih Mujimono 64 Saptono dari Jakarta, Cempaka Grand Champion Asagi 65 Andra Pribadi dari Surabaya.

Anggrek Grand Champion Kinginrin B 65 Andra Pribadi dari Surabaya. Melati Grand Champion Shiro Utsuri 65 Denzel Henson Dari Medan. Grand Champion Kohaku 65 Doni Hartono dari Kediri.