Kediri – Kasus Chikungunya Naik Di Awal Tahun 2021 Dinkes Lakukan Fogging

Kediri – Kasus Chikungunya Naik Di Awal Tahun 2021 Dinkes Lakukan Fogging

Kasus chikungunya menunjukkan tren kenaikan di awal tahun 2021 di Kota Kediri, dinas kesehatan melakukan fogging di sejumlah titik, untuk memutus penularan. Penyebaran chikungunya cenderung tinggi sejak masa pandemi covid-19, karena warga lebih banyak beraktifitas di rumah.

Dinas kesehatan Kota Kediri, melakukan fogging di dua kelurahan, untuk pencegahan penyebaran chikungunya. Di kelurahan banjarmlati, dan kelurahan banaran kota kediri. Fogging yang dilakukan menyusul laporan adanya kasus cikungunya.

Roni sabahrai, penanggungjawab program penanganan tular vektor dinkes Kota Kediri menjelaskan, awal tahun ini kasus chikungunya di Kota Kediri lebih tinggi di banding periode yang sama di tahun 2020.

Pada januari 2020 kasus chikungunya nihil, sementara dalam setahuh di tahun 2020 tercatat sebanyak 360 kasus. Sedang pada sepekan pada januari 2021 sudah ditemukan 5 kasus. Sementara kasus demam berdarah pada tahun 2020 tercatat 160 kasus, dan awal januari 2021 terdapat 2 kasus.

Roni menambahkan, tren meningkatnya kasus chikungunya , salah satunya karena saat pandemi covid- 19, masyarakat lebih banyak melakukan aktifitas di rumah, sehingga penyebaranya lebih cepat.