KEDIRI – Home Care Peduli RSUD Gambiran, Masuk 45 Inovasi Layanan Publik Terbaik

355

KEDIRI – Home Care Peduli RSUD Gambiran, Masuk 45 Inovasi Layanan Publik Terbaik

Program home care peduli yang diluncurkan rumah sakit umum daerah Gambiran kota Kediri, mendapat apresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Layanan kesehatan terintegrasi ini, masuk dalam top 45 kompetisi inovasi layanan publik Jatim 2020.

RSUDGambiran kota yang memiliki, layanan home care peduli atau profesional, empatik, dedikatif, utuh, langsung dan integratif. Yang diluncurkan pada Mei 2016 kemarin, masuk dalam top 45 kompetisi inovasi layanan publik Jatim 2020.

Inovasi ini untuk menjawab kelemahan program pemerintah di bidang kesehatan , sekaligus membangun sinergitas dengan organisasi pemerintah yang lain.

Seperti program Kartu Indonesia Sehat atau KIS, serta jaminan kesehatan daerah atau jamkesda , yang memberikan fasilitas kesehatan gratis bagi masyarakat tidak mampu kerap menghadapi kendala di lapangan.

Home care peduli menjadi jawaban persoalan itu. Tak hanya memberi layanan kesehatan gratis kepada pasien miskin, diantaranya bayi, anak-anak, dewasa, lansia, penyintas disabilitas.

Program ini juga terintegrasi dengan unsur terkait seperti Dinsos, Dinkes, BPBD, Satpol PP, DP3AP2KB, Dinas Pendidikan, Dispendukcapil, Bhabinsa, Babinkamtibmas,penyelenggara pemerintahan mulai dari RTRW , kelurahan ,  kecamatan dan PKK.

Selain merawat pasien secara medis. Home care peduli juga menyelesaikan persoalan non medis, seperti pendidikan anaknya, bedah rumah dengan menggandeng dinsos, sampai pengurusan dokumen kependudukan.

Saat ini program home care peduli RSUD Gambiran kota Kediri , sedang berkompetisi di Ajang Kovablik atau, kompetisi inovasi layanan publik Jatim 2020. Program ini masuk dalam 45 inovasi terbaik dari 137 inovasi kota, kabupaten di Jawa Timur yang mengikuti kompetisi.