fbpx
Connect with us

Berita

KEDIRI – Hektaran Hutan Lindung Di Kabupaten Kediri Terjadi Pembalakan Liar

Diterbitkan

pada

KEDIRI – Hektaran Hutan Lindung Di Kabupaten Kediri Terjadi Pembalakan Liar

Diduga akibat pembalakan liar, hektaran hutan lindung di Kabupaten Kediri, di temukan gundul dan gersang.  Selain itu, banyak pohon yang diduga ditebang dan bahkan sebagian ditemukan ada bekas yang terbakar. Pihak perhutani akan segera melakukan reboisasi atau penanaman kembali hutan yang gundul, guna mencegah terjadinya bencana alam.

Beginilah hektaran hutan lindung di wilayah Goliman Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri, yang gundul dan gersang,  yang tersebar di medsos. Selain gundul dan gersang , juga banyak pohon yang diduga sengaja ditebang dan pohon dibiarkan tergeletak di tanah.

Bahkan ada beberapa pohon yang ditemukan terbakar. Diduga , kejadian tersebut merupakan pembalakan liar.

Yang sangat dikhawatirkan akan terjadi peningkatan resiko bencana hidrometrologi, yaitu berkurangnya ketersediaan air, rawan terjadi banjir dan longsor bila musim hujan tiba.

Hutan di kawasan Goliman yang masuk Kph perhutani Kediri. Sementara wakil kepala ADM perhutani Kediri Beni Mukti membenarkan , jika dalam video tersebut adalah hutan lindung yang berada dipetak 105. Pihaknya juga sudah mengecek ke lokasi , dalam waktu dekat pihaknya akan berkoordinasi dengan pegiat lingkungan, guna melakukan reboisasi di kawasan yang gundul.

Dari catatan perhutani, ada sekitar dua ratus lima puluh hektar di tiga titik , yang sering terjadi kebakaran diantaranya kawasan gunung klotok, kawasan ngleyangan dan seputaran kelir.

Pihak perhutani sudah melakukan upaya reboisasi dan penyebaran bibit sengon butuh dan kaliandra serta kayu tumbuhan buah. Diharapkan pada musin penghujan nantinya bibit-bibit yang disebar tersebut bisa tumbuh.

download madu tv di playstore

Radio MDSFM

Madu TV Channel

Linked Media

%d blogger menyukai ini: