Kediri – Dinsos Kabupaten Kediri Segera Pulangkan WPS ke Kampung Halaman

73

Kediri – Pemkab Kediri melalui Dinas Sosial akan segera memulangkan seluruh wanita pekerja seks, WPS. WPS yang masih beroperasi secara sembunyi-sembunyi di Kabupaten Kediri. Menyusul adanya instruksi pemerintah untuk mengosongkan seluruh bekas lokalisasi. Sejauh ini tetap di pakai untuk kegiatan prostitusi.

Bertempat di Eks Lokalisasi Weru,  di Desa Ringinsari,  Kecamatan Kandat,  Kabupaten Kediri.  Dinsos melakukan sosialisasi tentang program pemulangan seluruh WPS ke kampung halamannya.  Kegiatan ini melibatkan pihak kecamatan,  TNI,  Polri serta Lembaga Swadaya Masyarakat Suar.

Dyah Saktiana,  selaku Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Kabupaten Kediri mengatakan.  Program pemulangan WPS tersebut merupakan komitmen pemerintah dalam meniadakan segala bentuk praktek prostitusi.  Sementara itu,  sebelum mengembalikan ke rumah masing-masing.  Bupati Kediri Handinhdito Himawan Pramana,  masih berbaik hati kepada mereka. Membekali pelatihan ketrampilan kerja terlebih dahulu.

Dalam upaya mendukung program pemulangan WPS tersebut,  Camat Kandat Ahmad Wito mengaku.  Pihaknya akan melalukan berbagai upaya pendekatan sosial terhadap mereka.  Mengingat,  tak jarang dari WPS yang menolak untuk diajak berhijrah ke jalan yang benar.  Karena sudah merasa nyaman dengan aktivitasnya.

Untuk diketahui,  di Kabupaten Kediri masih ada sembilan bekas lokalisasi yang tetap beroperasi secara sembunyi-sembunyi.  Dari seluruh tempat tersebut,  sedikitnya ada 900 an orang WPS yang mayoritas berasal dari luar Kabupaten Kediri.  Sementara itu,  sosialisasi pemulangan WPS tersebut dilakukan oleh Dinsos secara serentak di seluruh Eks Lokalisasi. (me)