fbpx
Connect with us

Berita

Kediri – Di Temukan Tempat Pemandian  Masyarakat Jaman Dulu

Diterbitkan

pada

Kediri – Di Temukan Tempat Pemandian  Masyarakat Jaman Dulu

Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim melakukan ekskavasi situs yang diduga merupakan tempat petirtaan kuno di area kaki Gunung Klotok Kota Kediri Jawa Timur dalam ekskavasi tersebut di temukan sebuah situs yang di duga merupakan tempat pemujaan masyarakat jaman dulu.

Tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur ini terus melakukan penggalain situs yang di duga merupakan tempat petirtaan atau tempat Pemandian  Kuno yang berada di Kaki Gunung Klotok Kota Kediri Jawa Timur penggalian yang di lakukan selama tiga hari tersebut melibatkan tima cagar budaya dari Mojokerto.

Struktur yang di temukan tersebut merupakan petirtaan yang tidak jauh dari Candi Klotok yang hanya lima ratus meter selatan pintu utama candi.

Petirtaan tersebut merupakan korelasi dengan Candi Klotok satu dua dan tiga dimana sebelum melakukan peribadatan ke candi warga jaman itu lebih dulu melakukan pensucian diri di taman petirtaan yang di temukan ini.

Situs yang di gali ini masih tertutupoleh akar dan tumpukan tanah dan bebatuan  hal ini di guga penutupan tersebut di akibatkan terjadi longsoran dari atas bukit selain itu juga di duga terjadi bencana alam yang mengakibatkan situs tersebut tenggelam, ke dasar terdapat beberapa sisi yang di temukan dalam situs petirtaan ini yakni bagian utara terlihat jelas bata bata yang tersusun rapi menyerupai pondasi.

Di perkirakan masih terdapat sejumlah situs serupa yang tersebar di area lokasi Candi Klotok ini.

download madu tv di playstore

Continue Reading
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Radio MDSFM

Madu TV Channel

URL yang sah tidak diberikan.

Linked Media

%d blogger menyukai ini: