Connect with us
berkat ramadhan luv

Berita

KEDIRI – Benda Cagar Budaya Berupa Kepala Kala Ditemukan

Diterbitkan

pada

KEDIRI – Benda Cagar Budaya Berupa Kepala Kala Ditemukan

Benda yang diduga cagar budaya berbentuk seperti kepala kala ditemukan warga Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Benda tersebut diduga peninggalan kerajaan majapahit.

Sebuah batu berbentuk seperti kepala kala, ditemukan warga Dusun Sugih Waras, Desa Klanderan, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri. Dari keterangan Kasun setempat, Roby Wijanarko, benda diduga cagar budaya tersebut ditemukan oleh Cahyo Umar Guritno, warga setempat.

Benda yang mirip kepala kala tersebut, memiliki panjang kepala 60 sentimeter, lebar 23 sentimeter, dan tinggi 26 sentimeter, dengan tebal 13 sentimeter. Saat ini batu kepala kala diamankan dan ditaruh di belakang rumah salah satu warga desa setempat.

Kepala kala yang diperkirakan peninggalan era Majapahit ditemukan pada saat adanya pembangunan jalan tembus, yang melintasi Buk Telon Desa Setempat. Menurut keterangan Eko, Kasi Museum dan Purbakala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, “Dalam simbolisme agama hindu itukan dianggap sebagai penolak balak. Ditempatkan di ambang pintu, di relung ambang pintu. Jadi kalau kita masuk dalam ruangan, ini berada di atas. Penolak balak dipercaya, ini menangkal sifat buruk manusia saat masuk ke dalam bangunan suci. Seperti itu kurang lebih”.

Dengan temuan tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, masih melakukan penelitian dan koordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur untuk mengetahui pasti keaslian dan mengetahui di era kerajaan benda tersebut berasal. (me,tim)

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

space-iklan-300x250

TV DIGITAL MADU TV

space-iklan-300x400

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

%d blogger menyukai ini: