Kecewa Bonus Tak Kunjung Cair, Puluhan Atlet Porprov Jatim Tagih Janji Pemkab Blitar

BLITAR – Puluhan atlet Kabupaten Blitar yang memperoleh medali di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2022 menggeruduk Pendopo Kabupaten Blitar, Kamis (24/11/2022).

Kedatangan para atlet ini untuk menagih janji soal bonus perolehan medali Porprov Jatim 2022, kepada pihak Pemkab Blitar.

Sambil berorasi, mereka membentangkan poster berisi tuntutan di depan pendopo Kabupaten Blitar, di Jalan Semeru, Kota Blitar.

“Jadi janji itu kami terima sebelum kami berangkat mengikuti Porprov. Untuk peraih medali emas 35 juta, kemudian medali perak 30 juta dan medali perunggu 25 juta,” ujar Vince Anggi Fadila, atlet pencak silat peraih medali emas Porprov Jatim.

Setelah berorasi, mereka kemudian masuk untuk melakukan mediasi dengan Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso, Ketua KONI Kabupaten Blitar Toni Andreas dan Kepala Disporbudpar Kabupaten Blitar Suhendro Winarso.

Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso membantah telah menyatakan akan memberikan bonus. Ia mengatakan hanya berjanji memberikan bonus dari kantong pribadinya sebesar Rp 3 juta bagi peraih medali emas.

Namun, Wabup Rahmat Santoso berjanji akan tetap memberikan bonus sesuai dengan kewajaran dan kelayakan pemberian bonus kepada atlet.

“Karena ini terkendala aturan maka dalam waktu dekat akan segera kita bahas bagaimana jalan keluarnya. Apakah melalui hibah atau seperti apa nanti kita bahas lalu hasilnya segera kita sampaikan,” tuturnya.

Sementara Kepala Disporbudpar Suhendro Winarso menjelaskan, awalnya memang ada usulan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar kepada tim penganggaran pemerintah daerah untuk bonus atlet.

Anggaran itu kemudian ditempelkan ke Disporbudpar. Namun sesuai aturan jumlah anggaran yang disetujui hanya Rp 146 juta.

“Jadi angka itu muncul segitu sesuai dengan aturan yang ada. Namun kebijakan pimpinan melihat kewajaran dan kelayakan maka perlu opsi lain salah satunya melalui hibah yang akan segera dibahas itu tadi,” pungkasnya.(sk)