Kebakaran di Majalengka Membuat Dua Ruang Kelas Ludes

44

Majalengka, 28 Juli 2023 – Pada Kamis malam (27/7/2023), gedung SMPN 1 Jatitujuh yang terletak di Jalan Bagusrangin, Kabupaten Majalengka, mengalami kebakaran hebat yang juga menyebabkan warung dan gudang sekolah hangus terbakar. Meskipun sumber api diduga berasal dari sisa pembakaran sampah warga, namun berkat semangat pantang menyerah dari petugas pemadam kebakaran dan warga sekitar, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Dalam peristiwa yang mengguncangkan warga sekitar itu, diperkirakan kerugian yang diderita SMPN 1 Jatitujuh mencapai puluhan juta rupiah. Namun, kesigapan petugas pemadam kebakaran yang cepat tanggap dalam menanggapi laporan membuat api dapat segera dikuasai. Empat unit mobil pemadam kebakaran dikerasahkan untuk mengatasi bencana tersebut.

Menurut Rusnadi, salah seorang guru di SMPN 1 Jatitujuh, api diduga berasal dari sisa pembakaran sampah oleh warga yang berlokasi di belakang gedung sekolah. Akibat angin kencang, api merembet dengan cepat ke bangunan sekolah, menyebabkan dua ruang kelas luluh lantak dalam kobaran api.

Namun, tidak ada rasa putus asa yang menyelimuti petugas pemadam kebakaran dan warga sekitar. Dengan semangat berjuang yang tinggi, mereka berusaha semaksimal mungkin untuk memadamkan api yang ganas. Berkat kerja keras dan kolaborasi yang solid, setelah berjuang selama kurang lebih 2 jam, petugas pemadam kebakaran berhasil mengatasi api yang berkobar.

Rusnadi menyatakan bahwa sumber dari peristiwa tragis ini adalah dari pembakaran sampah di belakang gedung sekolah yang terbawa angin kencang. Setelah api berhasil dipadamkan, petugas terus melakukan pendinginan untuk memastikan tidak ada lagi titik api yang tersisa di lokasi kejadian.

Meskipun kerugian materiil cukup besar, semangat juang dari para petugas pemadam kebakaran dan kerjasama dari seluruh warga setempat mengajarkan kita sebuah pelajaran berharga tentang betapa pentingnya gotong royong dan sinergi dalam menghadapi bencana. Kita percaya, dengan semangat optimis dan kolaboratif seperti ini, proses pemulihan dan pembangunan kembali SMPN 1 Jatitujuh akan berjalan dengan baik dan berkesinambungan.

Semoga kejadian ini menjadi momentum bagi kita semua untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar, menghindari tindakan yang berisiko memicu bencana, serta meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga keamanan dan keselamatan bersama. Mari terus bergandengan tangan, berdoa, dan saling memberikan dukungan dalam menghadapi tantangan masa depan dengan semangat optimis dan kebersamaan.