Kasus Covid-19 Meningkat, Pemkab Blitar Gelar Rakor Bersama Tenaga Kesehatan

563

Blitar – Pemerintah Kabupaten Blitar kembali menggelar rapat evaluasi bersama seluruh Camat dan Kepala Puskesmas, Kamis (23/07/2020). Dalam agenda itu membahas tentang peningkatan jumlah pasien terkonfirmasi virus corona.

Dalam sambutannya, Bupati Blitar Rijanto meminta Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 agar memasifkan tindakan testing (tes spesimen), tracing (penelusuran), dan treatment (perawatan).

“Seusai arahan dari pemerintah pusat, dalam upaya mencegah penularan corona harus dilakukan secara tepat dan akurat.
Sehingga ketika ditemukan ada pasien terkonfirmasi positif, petugas segera melakukan pelacakan terhadap kontak erat maupun riwayat kasus”. kata Rijanto

Dengan bagitu, upaya memutus rantai persebaran corona kedepannya akan lebih maksimal dan optimal. Dilain sisi, seluruh tenaga kesehatan di Kabupaten Blitar juga dihimbau untuk meningkatkan sosialisasi kepada Kepala Desa/Kelurahan maupun relawan tentang penanganan dan pencegahan penyebaran corona.

“Dalam menghadapi situasi seperti ini, sosialisasi ke wilayah terkait upaya pencegahan kian ditingkatkan. Karena dengan begitu penyebaran corona dapat dikendalikan”. imbuhnya

Rijanto menambahkan semangat kebersamaan seluruh lapisan masyarakat menjadi kunci untuk melawan penyebaran virus corona. Dengan kekompakan, saling bergotong-royong dan disiplin diyakini bisa mengendalikan laju pertumbuhan Covid-19.

“Masyarakat diajak untuk tetap membudidayakan perilaku hidup bersih dan sehat terutama diterapkan di segala aktivitas baik di dalam dan di luar rumah”. tandasnya (sk)