Beranda Berita KARTUN WAYANG MILENIAL DARI KERTAS KARTON SASAR KALANGAN REMAJA

KARTUN WAYANG MILENIAL DARI KERTAS KARTON SASAR KALANGAN REMAJA

36
0

KARTUN WAYANG MILENIAL DARI KERTAS KARTON SASAR KALANGAN REMAJA

Menyaksikan pertunjukan Wayang bagi warga Milenial saat ini bisa jadi menjemukan, karena durasi yang panjang dan kendala bahasa. Namun bagaimana jika kreativitas pengrajin wayang tersebut di balut dengan perkembangan teknologi digital,seperti yang dilakuakn oleh pemuda di Kabupaten Nganjuk ini. Untuk menyedot perhatian generasi milenial ,dirinya mengemas pertunjukan wayang dengan animasi kartun dan karakter super hero.

Seiring perkembangan zaman,ternyata banyak bermunculan wayang dengan bentuk yang lebih kekinian. Mulai dari karakter gaya-gaya kartun tokoh masyarakat hingga artis,membawa perubahan besar dalam dunia perwayangan.

Hal itulah yang sedang dirintis oleh dhimas agung setyawan.seorang pemuda warga Desa Juwono Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk ini,berawal dari hobinya membuat cerita pendek dan kecintaannya kepada kesenian tradisioanal wayang.

Dhimas mulai mengkolaborasikan wayang dengan teknologi digital sejak 3 bulan lalu,dirinya pun membuat berbagai karakter mulai dari tokoh masyarakat,superhero,pembalap hingga artis.

Dhimas menjelaskan,selain untuk melestarikan Kesenian Tradisional,hasil buah kreasi wayang juara tersebut juga sebagai sarana sosialisasi didesanya.dengan bahan kertas karton yang mudah di dapatkan disekitar rumahnya,dalam satu hari dhimas mampu membuat 4 hingga 5 karakter wayang.

Dalam proses pembuatannya Dhimas di bantu oleh Pujianto yang juga sebagai ketua karang taruna desa setempat,sedangkan untuk proses pembuatan animasi kartunnya,masih menggunakan jasa desainer dari luar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 8 = 1