Beranda Berita Kampung Durian Dorong Perekonomian Perdesaan di Jember

Kampung Durian Dorong Perekonomian Perdesaan di Jember

157
0

Desa Pakis Kecamatan Panti Jember merupakan sebuah desa yang berada di lereng pegunungan argopuro penghasil buah durian. Tak hanya durian lokal, durian montong, mentega dan durian orange juga ada di desa ini. Agar lebih mendorong perekonomian warga setempat, pemerintah desa pakis yang bekerja sama dengan perum perhutani jember menjadikan desa tersebut sebagai kampung durian. Suasana Dusun Pakis Utara, Desa Pakis, Kecamatan Panti Kabupaten Jember kini terlihat berbeda dari biasanya. Sejak dinobatkan sebagai kampung durian, dusun pakis utara yang berada di kawasan lereng gunung argopuro ini ramai didatangi pengunjung yang ingin membeli buah durian langsung dari petani. Beragam jenis buah durian ditawarkan petani yang menjajakan durian di sepanjang jalan desa setempat, mulai durian lokal, mentega hingga durian orange, serta berbagai jenis durian lainnya. Selain harga buah durian yang sangat terjangkau, pengunjung juga bisa langsung menikmati buah durian di bawah pohon rindang. Buah durian disini dijual mulai 10.000 hingga 100.000 rupiah tergantung jenis dan ukuran buah duriannya. Suasana asri dan sejuk khas pegunungan menjadi daya tarik pengunjung untuk datang ke kampung durian Dusun Pakis Utara meski harus menempuh jarak cukup jauh dari kota. Desa pakis ini, merupakan sentra penghasil buah durian di Kabupaten Jember. Hampir di setiap rumah dan kebun warga terdapat pohon buah durian dengan beragam jenis. 

Rukman supriatna – Kepala Perhutani KPH Jember, “ Untuk kita kemas lokasi ini menjadi kampung durian karena ternyata di tanah pekarangan dan juga tegalan banyak terdapat pohon-pohon durian. Hasil investiraris kami dikawasan hutan ada sekitar 1300 an dan ditanah pekarangan ada 500 an nah atas dasar itu kita kemas kampung wisata durian, targetnya adalah perekonomian didesa ini meningkat.”

Huswatun – Pengunjung, “ Sebelumnya saya sering kesini untuk mencari durian tapi dengan adanya kampung durian ini bisa mengajak keluaraga teman nanti bisa bareng-bareng kesini untuk kuliner duriannya.”

Fahrul – Petani Durian, “ Kirim ke Rambi, Malang, Suroboyo, adanya kampung durian ini insyaalah terus dan baik buat masyarakat kecil seperti saya ini yang petani durian.” Dengan dinobatkannya sebagai kampung durian, diharapkan Desa Pakis dapat menjadi destinasi wisata baru di jember yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan sekitarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 3 = 3