fbpx
Connect with us

Berita

Jember Diterjang Banjir Bandang dan Longsor

Diterbitkan

pada

Akibat tingginya curah hujan di Kabupaten Jember utamanya di kawasan hulu menyebabkan sebanyak 7 rumah warga yang berada di kawasan Dusun Mojan Kelurahan Bintoro Jember rusak berat terkena material longsor. Selain itu ratusan rumah di 2 kecamatan yang ada di Kota Jember juga diterjang banjir bandang. Tingginya curah hujan di Kabupaten Jember, utamanya di kawasan hulu menyebabkan ratusan rumah kawasan Kota Jember, yakni di Kecamatan Patrang dan Kaliwates diterjang banjir bandang pada Sabtu Petang, 24 Maret. Dalam video rekaman warga, air di aliran sungai jompo tiba-tiba terus meningkat dan meluap hingga di permukiman warga dengan ketinggian air lebih dari 1 meter. Hal itu membuat warga yang berada di sekitar sungai jompo panik dan langsung berusaha menyelamatkan jiwa dan harta bendanya. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, meskipun banyak barang-barang warga yang ikut hanyut terseret banjir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polri, TNI, tagana dan relawan kebencanaan langsung membantu warga membersihkan rumah – rumah warga yang dipenuhi air bercampur lumpur.

Anang Suriyanto – Lurah Jember Lor, Kec.Patrang, “Kalau terdampaknya diatas 50 KK, terjadinya mulai kan gerimisnya mulai setengah 1 cuma di Jember lor ini kan aliran sungainya dari rembangan jadi banjirnya kiriman dari rembangan.” Sementara di Dusun Mojan, Kelurahan Bitoro, Kecamatan Patrang, Jember, warga dikejutkan dengan adanya retakan tanah yang mengelilingi sebuah rumah warga dan terancam amblas. Sebelumnya sebanyak 6 rumah lainnya diterjang longsor hingga menyebabkan kerusakan ringan dan berat. Kabupaten Jember termasuk daerah rawan bencana, mulai bencana alam tanah longsor, banjir bandang maupun banjir luapan, serta ancaman angin kencang mengingat jember dikelilingi sejumlah gunung.

Heru Widagdo – Kabid Logistik &Kedaruratan Bpbd Jember, “Sebenarnya kalau kita melihat secara keseluruhan dikabupaten jember itu memang banyak, karena memang jember dibangun diatas 2 oegunungan, baik gunung raung mauun lamongan dan pegunungan argopuro, tentunya konturnya berbeda, kontur itulah yang akan menjadikan kita itu harusnya lebih bijak dalam hal memahami apa potensi-potensi diwilayah kita.”

Melihat prakiraan cuaca dari BMKG yang memprediksi akan terjadinya peningkatan curah hujan dan ancaman angin kencang di Jawa Timur, termasuk Jember, membuat BPBD Jember terus melakukan sosialisasi kepada warga yang berada di kawasan rawan bencana banjir dan tanah longsor.

download madu tv di playstore

Continue Reading
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Radio MDSFM

Madu TV Channel

Linked Media

%d blogger menyukai ini: