Jelang Tahun Baru Imlek Lampion Dipasang di Klenteng

87

Tulungagung – Klenteng Tjoe Tik Kiong di Tulungagung terus dipercantik menyambut Perayaan Tahun Beru Imlek dengan beragam hiasan. Berbagai macam hiasan seperti lampion nuansa imlek mulai dipasang di sekitar Klenteng. Sejumlah pekerja tampak merapikan lampion yang akan memeriahkan Malam Tahun Baru Imlek.

Mereka memasang lampu lampion di di sekitar Klenteng. Namun, jumlah lampu lampion yang dipasang juga tidak sebanyak tahun sebelumnya. Selain itu pihak klenteng juga meniadakan sembahyang bersama jelang Imlek. Jemaah masing-masing akan melakukan sembahyang secara individu.

Perayaan Tahun Baru Imlek akan digelar dengan sederhana karena masih dalam kondisi pandemi. Dalam tahun macan air diharapkan Indonesia bisa bangkit dan perekonomian bisa kembali pulih.

Dalam sistem penanggalan Tionghoa, tahun depan merupakan Tahun Macan Air. Shio Naga akan mendapatkan keburuntungan dan rezeki melimpah di tahun tersebut. Terdapat 4 shio yang akan mendapatkan Chiong, yakni Shio Monyet, Babi, Ular dan Macan. Mereka harus menggelar ritual untuk membuang sial sebelum perayaan Imlek.

Dalam tahun macan air ini, diharapkan keberkahan akan melimpah dan kondisi Indonesia berangsur membaik. Sementara itu, Klenteng Tjoe Tik Kiong terletak di Kelurahan Kampung Dalem, Kabupaten Tulungagung. Bangunan tersebut diketahui dibangun pada tahun 1865 dan sudah berusia 156 tahun. (bp)