Jelang Lebaran Kurban Wabah PMK di Bangkalan Semakin Meluas

Sumber : Hasil tangkapan layar video team liputan MaduTV Nusantara

Bangkalan – Jelang lebaran Idul Adha atau lebaran kurban, kasus penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang sapi milik peternak sudah menyebar di 15 kecamatan/kabupaten Bangkalan Madura.

420 ekor sapi yang telah suspek terkonversi PMK tersebar di 15 kecamatan dan 17 ekor dinyatakan positif PMK. Kasus PMK menyerang sapi terbanyak berada di wilayah Kecamatan Blega, Kecamatan Modung dan Kecamatan Tanjung Bumi Bangkalan.

Sementara sapi yang akan dikirim ke luar pulau Jawa seperti ke Kalimatan melalui Pelabuhan Telaga Biru Tanjung Bumi Bangkalan, diduga sapi terindikasi terkena virus PMK. Oleh petugas hewan setempat dilakukan pengecekan kesehatan, dan diambil sempel darah. Setelah dinyatakan sehat, sapi diperholehkan untuk dikirim ke daerah yang dituju.

Berdasarkan data yang diterima tanggal 3 Jumat Juni 2022, Satgas Petasan PMK Bangkalan, dari 18 kecamatan, 15 kecamatan dengan total  420 ekor sapi yang  disuspek, 7 ekor sapi positif, satu ekor sapi kerap dinyatakan mati di wilayah Blega Bangkalan.

Sapi yang mati belum diketahui mayi karena virus PMK, pihaknya masih melakukan pengeceklan di lapangan.

Warga diharapkan harus waspada saat membeli sapi di pasar hewan, karena sapi yang diketahui positif PMK berasal dari jual beli di pasar.(ab)