Jalan di Paal Dua Kota Manado Tertimbun Longsor, Alat Berat Diterjunkan

100

Manado –  Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Manado sejak Jumat (4/3/2022) siang hingga petang mengakibatkan bencana banjir dan tanah longsor di empat kecamatan di Kota Manado, Sulawesi Utara. Empat kecamatan ini di antaranya Singkil, Paal Dua, Tuminting, dan Bunaken

Seperti Jalan Yos Sudarso Kota Manado, Sulawesi Utara, mengalami longsor pada Jumat 4 Maret 2022 petang. Jalan yang berada di antara Kelurahan Kairagi Weru dan Paal Dua Kota Manado ini tertutup longsor dan pepohonan yang tumbang.

Tertutupnya akses utama di Kota Manado ini menyebabkan kemacetan sehingga kendaraan dari arah Kelurahan Paal Dua maupun dari arah Kairagi dialihkan ke Jalan Ring Road dan Jalan Arie Lasut.

Di kompleks tersebut sejumlah pohon besar dan material tanah menutupi seluruh badan jalan dan menyebabkan dua warga menjadi korban, salah satunya meninggal dunia.

Hingga saat ini petugas dari Pemkot Manado sedang membersihkan longsor dan pohon yang menutupi Jalan. Proses pembersihan area sampai saat ini masih berlangsung bersama pihak Basarnas dibantu TNI – Polri. Dalam hal ini dari Lantamal Kairagi dan Sat Brimobda Polda Sulut. Tiga unit alat berat petugas turunkan ke lokasi untuk membersihkan material longsor.

Sementara pasca kejadian, Kadis Dinas Lingkungan Hidup Manado, Franky Porawouw mengatakan dinas saling berkolaborasi untuk mengatasi longsor ini. Di antaranya PUPR, Balai Sungai dari Pemerintah desa, dan pihak terkait lainnya. Menurut informasi, DLH Manado menerjunkan alat senso untuk memotong pohon dan  delapan unit dump truk untuk mengangkut material yang lonsor. (red)