Dalam Evaluasi PPKM, Kota Blitar Akan Diuji Coba Pemberlakuan Level 1 New Normal

98

Jakarta – Pemerintah Republik Indonesia kembali melakukan evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Melalui konferensi pers yang tergelar pada Senin, 4 Oktober 2021. Dalam konferensi pers tersebut menyebutkan penurunan kasus Covid 19. Namun pemerintah tetap akan memperpanjang PPKM hingga 18 Oktober 2021.

Konferensi pers kembali terlaksana di Jakarta. Dengan menghadirkan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Menko perekonomian airlangga hartarto dan menteri kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin.

Berdasarkan informasi, data minggu lalu menunjukkan kasus konfirmasi nasional turun 96,9% dari puncak kasus yang terjadi pada 15 Juli lalu. Angka kasus harian per 26 September saat itu mencapai 1.740 kasus.

Sejalan dengan itu, kasus aktif secara nasional pun terus menurun. Pada 26 September lalu, tercatat ada 42.769. Kasus aktif nasional turun 92,6% dari puncak kasus aktif pada 24 Juli lalu.

Dari adanya evaluasi PPKM dan perkembangan kasus penurunan Corvid 19, pemerintah akan melakukan uji coba pemberlakuan PPKM level 1 new normal di Kota Blitar karena telah memenuhi syarat WHO dan telah memenuhi targer vaksinasi sebesar 70%. Namun penerapan new normal ini tetap dalam pengawasan dan monitoring pemerintah sehingga tetap terkendali dari virus corona. Apabila penerapan ini berhasil maka akan diterapkan ke kota/kabupaten lain.

Namun, untuk tetap mengantisipasi terjadinya kasus Covid 19 dengan varian delta, Pemerintah akhirnya kembali melakukan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) per level. PPKM akan diperpanjang 2 pekan ke depan atau dari 5 Oktober 2021 sampai 18 Oktober 2021.