Beranda Berita Jaga Persatuan Dan Keutuhan NKRI Di Tengah Isu Papua.

Jaga Persatuan Dan Keutuhan NKRI Di Tengah Isu Papua.

56
0

Jaga Persatuan Dan Keutuhan NKRI Di Tengah Isu Papua

Ditengah Isu Rasisme yang mengikuti kerusuhan melibatkan mahasiswa papua di sejumlah wilayah Indonesia, aktifis sekaligus anggota dewan perwakilan rakyat republik indonesia, Rieke Diah Pitaloka, mencoba mempersatukan anak bangsa, dengan menggelar Aksi Deklarasi Tagar Pancasila Power.
Aksi ini, diikuti ratusan orang Mahasiswa Lintas Etnis Kota Malang, Termasuk Papua.

Kamis Pagi, menjadi hari penyelengaraan deklarasi tagar pancasila power. Dan kampus IKIP Budi Utomo Kota Malang, menjadi deklarasi nasional, yang diikuti 4 ratusan orang mahasiswa lintas etnis termasuk papua, forum pimpinan daerah kota malang, serta anggota DPR R-I sekaligus Aktifis Rieke Diah Pitaloka.

Beragam acara dipentaskan, mulai dari menyayikan lagu daerah dan nasional, tari daerah, orasi kebangsaan, hingga sendratari lintas budaya. Seluruh rangkaian acara ini, menjadi bagian penting dari aksi deklarasi gerakan tagar pancasila power.

Pem-viral-an Tagar Pancasila Power menjadi salah satu bagian dari usaha pemerintah dan rakyat indonesia, mempersatukan kembali persatuan dan kesatuan bangsa, yang tengah diuji dengan isu perpecahan, berlatar belakang rasialisme dan hak asasi manusia.

Saat ini rakyat Papua, tengah memperjuangkan persamaan hak dan kewajiban setara dengan anak bangsa lain di indonesia. Atas dasar kondisi inilah, rieke diah pitaloka memprakarsai pembentukan Tagar Pancasila Power, demi keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa indonesia.

Sementara itu, salah seorang mahasiswa asal papua yang ikut dalam deklarasi ini menyebutkan, merasa aman dan nyaman selama menempuh studi di bangku kuliah di kota malang. Hubungan sosial dengan warga sekitar asrama maupun kontrakan, diakuinya berjalan baik dan tidak pernah terjadi gesekan.

Dihadapan Forpimda dan Rieke Diah Pitaloka, saidin patiran memastikan, dirinya cinta tanah air indonesia, dan mengakui pancasila sebagai dasar negara.

Gelaran Deklarasi Tagar Pancasila Power ini, diharapkan mampu menjadi titik awal kembalinya persatuan dan kesatuan bangsa, serta hidup bertoleransi dan damai dalam keberagaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + 5 =