Beranda Berita Istighosah Keselamatan Bangsa

Istighosah Keselamatan Bangsa

35
0

Istighosah Keselamatan Bangsa

Cara berbeda dilakukan puluhan warga Muslimat NU Ranting Desa Clarak Di Probolinggo Jawa Timur, dalam menyemarakkan semangat Kemerdekaan Republik Indonesia. Kaum ibu ini membacakan Istighosah Dan Shalawat Burdah, untuk keselamatan bangsa indonesia. Kegiatan ini juga mendo’akan mendiang Almarhum Al-Maghfurlah Kiai Haji Maimoen Zubair, ulama sepuh nahdlatul ulama yang wafat di tanah suci mekah.

Dengan khidmat puluhan warga Muslimat Nahdlatul Ulama, Ranting Desa Clarak Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, membacakan Shalawat Burdah yang tujukan untuk keselamatan bangsa indonesia, pada momentum jelang hari kemerdekaan indonesia, Senin Malam.

Pembacaan Shalawat Burdah merupakan Amaliyah Warga Nahdlatul Ulama, yang sering dilakukan mulai tingkat cabang hingga ranting di pedesaan. Tujuannya adalah meminta pertolongan allah, agar dijauhkan dari segala macam musibah dan dimudahkan dalam setiap urusan dunia dan akhirat.

Shalawat Burdah massal ini, mulanya dilakukan saat di jalan raya desa clarak sering terjadi kecelakaan lalu lintas, yang tak jarang memakan korban jiwa. Demi memohon perlindungan allah, warga Muslimat NU setempat dengan kompak bersama-sama membacakan shalawat burdah, agar musibah tak kembali terjadi di daerah mereka.

Kegiatan tersebut akhirnya dilakukan rutin setiap tahun, dengan jumlah jama’ah lebih banyak. Tak hanya kalangan muslimat nu, diluar organisasi tersebut juga banyak berdatangan, untuk bersama-sama memanjatkan do’a meminta keselamatan.

Bahkan, kaum muslimin pun ikut terlibat dalam kegiatan pembacaan do’a untuk mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan tersebut. Mereka membacakan istighosah sebagai bakti dalam semangat kemerdekaan repkublik indonesia.

Selain bertujuan untuk mendo’akan bangsa indonesia dan semangat nasionalisme masyarakat pedesaan, majelis istighosah dan shalawat burdah inipun sebagai media untuk memperat tali persaudaraan antar sesama warga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

69 − = 67