Beranda Berita Hiu Tutul Terperangkap Selama 8 Hari Dikanal Inlet Pltu Paiton

Hiu Tutul Terperangkap Selama 8 Hari Dikanal Inlet Pltu Paiton

40
0

Hiu Tutul Terperangkap Selama 8 Hari Dikanal Inlet Pltu Paiton

Hiu tutul yang terjebak selama 8 hari di kanal inlet PLTU Paiton berhasil di pindahkan ke laut lepas oleh tim rescue whale shark yang di Pimpinan Dandim 0820 Probolinggo.

Berhasilnya tim rescue memindahkan hiu tutul ke laut lepas tersebut pada pukul 14.00 dan hiu tersebut masuk ke perangkap jaring pada pukul 13. 00 WIB.

Sehingga, tim langsung mengikat jaring untuk selanjutnya diangkat menggunakan crame dengan keberatan 50 ton agar hiu tersebut tidak terlepas lagi ke kanal inlet pltu paiton.

Selanjutnya, hiu tutul itu di tarik menggunakan satu kapal besar milik kantor syahbandar otoritas pelabuhan atau ksop ke laut untuk dilepas.

Jarak pelepasan itu sendiri dari bibir pantai mencapai 1 mil, agar hiu tersebut tidak kembali lagi ke kanal pltu paiton.

Dandim 0820 Probolinggo Letkol Infantri Imam Wibowo menyatakan, kalau proses evakuasi itu mencapai 4 hari. Namun dalam 4 hari hiu tersebut berhasil di evakuasi dan saat diikat serta di tarik menuju pintu kanal dalam keadaan stres. Namun, dandim memastikan kondisi hiu tutul dalam keadaan sehat.

Pelepasan dengan jarak 1 mil dipimpin langsung oleh pasukan katak tni angkatan laut dari Banyuwangi.

Sementara itu dandim berharap pada pihak PLTU Paiton agar memperbaiki pintu kanal, agar ikan-ikan tersebut tidak masuk ke kanal lagi. Namun dalam beberapa hari terakhir akan melakukan patroli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 + 5 =