Hindari Kejaran Warga, Pelaku Pencurian Nyebur di Selokan

45

Bekasi – Aksi heroik warga berhasil mengamankan seorang pelaku pencurian yang mencuri tabung gas tiga kilogram di Jalan Cempaka, Kelurahan Jati Bening, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi. Dalam video amatir yang beredar, terlihat pelaku bernama Irvan berhasil ditangkap setelah terjebak dalam selokan saat dikejar-kejar oleh korban dan pengendara yang melintas.

Menurut keterangan warga sekitar, peristiwa ini terjadi pada hari Selasa siang dan pelaku pencurian berhasil diamankan oleh warga pada Senin siang kemarin setelah terlibat dalam aksi kejar-kejaran yang panjang. Saat berada di jalan menanjak, motor yang dikendarai oleh pelaku masuk ke dalam selokan yang penuh lumpur, menjadi jebakan bagi pelaku.

Dalam wawancara dengan seorang warga bernama Ihsan, dia menjelaskan bagaimana mereka berhasil mengamankan pelaku pencurian tersebut. Ketekunan dan keberanian warga serta kerja sama antara korban dan pengendara lainnya menjadi kunci kesuksesan penangkapan pelaku. Mereka tak gentar menghadapi situasi sulit dan akhirnya berhasil menjebak pelaku dalam selokan.

Kasie Humas Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Erna Ruswing Andari, dalam wawancara terpisah mengungkapkan bahwa pelaku melakukan aksi pencurian di sebuah warung tegal di wilayah Jatikramat, Kecamatan Jati Asih. Pelaku kemudian melarikan diri ke wilayah Jati Bening sebelum akhirnya ditangkap oleh korban dan warga di Jalan Cempaka.

Setelah pelaku berhasil diamankan, ia kemudian diserahkan kepada petugas piket Pospol Jatibening, Pondok Gede. Kedua belah pihak, baik korban maupun pelaku, sepakat untuk menyelesaikan kasus pencurian ini secara kekeluargaan. Tindakan saling memaafkan dan mencari solusi bersama dianggap sebagai langkah yang bijaksana dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Keberhasilan ini memberikan inspirasi dan optimisme bagi masyarakat sekitar. Aksi berani warga dalam menghadapi kejahatan dan kerjasama yang terjalin dengan baik antara warga, korban, dan pihak kepolisian menunjukkan pentingnya solidaritas dan partisipasi aktif dalam menjaga keamanan lingkungan. Semoga kejadian ini menjadi contoh yang menginspirasi untuk mewujudkan masyarakat yang aman dan harmonis di Kota Bekasi.