Connect with us

Nasional

Hiasan Dinding Burung Merak Dari Koran Bekas Hasil Kreativitas Napi Lapas Tulungagung

Diterbitkan

pada

Tumpukan koran bekas yang di dapat dari pengepul barang bekas , biasanya hanya digunakan untuk bungkus , dan nyaris tidak bernilai ekonomis , namun di tangan warga binaan lapas kelas 2-b Tulungagung , Jawa Timur , di sulap menjadi hiasan dinding burung merak , dan celengan karakter bernilai ekonomis tinggi . Meski hasta karya napi hanya di jual dilingkungan lapas , namun banyak peminatnya , sehingga mereka kewalahan memenuhi pesanan .

Barang bekas , dan tidak ada lagi manfaatnya , serta nilai tidak memiliki nilai ekonomis , namun koran bekas yang telah terbaca isi berita , oleh empat warga binaan pemasyarakatan lapas kelas 2-b Tulungagung , Jawa Timur , dimanfaatkkan sebagai salah satu bahan baku , olah kreativitasnya .

Tumpukan koran bekas yang di dapat dari pengepul barang bekas , oleh salah seorang napi , di pilih yang masih utuh , kemudian di tata rapi , dan di lipat , agar hasil pengguntingan nampak rapi . Setelah potongan koran berukuran lebar 5 centimeter terkumpul , dilanjutkan memilin potongan koran dengan menggunakan papan triplek . Bersamaan menggulung di beri lem yang telah dicairkan , agar menghasilkan gulungan yang padat , dan keras .

Dari gulungan-gulungan koran seukuran tusuk gigi ini , mulai dibuatlah hiasan dinding burung , dan celengan karakter . Meski terlihat sederhana , dan sepele dalam proses pengerjaannnya , namun kerajinan ini , membutuhkan ketelatenan , serta kesabaran , karena seluruh pengerjaannya menggunakan alat-alat seadanya yang ditemui di dalam lapas .

Menurut salah seorang napi yang turut mengerjakan kerajinan dari koran bekas , bahwa awal membuat hiasan dinding burung merak dan celengan karakter , hanya iseng-iseng selama di dalam kamar tahanan . Dari sekedar iseng-iseng tersebut , hasil yang dikerjakan ternyata bagus , dan banyak yang tertarik , bahkan juga mendapat dukungan dari pihak lapas , dan akhirnya dikerjakan oleh 4 napi di bengkel kerja lapas .

Uni dan cantik hasta karya para napi lapas kelas 2-b tulungagung ini , ternyata juga diminati oleh para napi , maupun keluarga para napi , sehingga hiasan dinding dan celengan yang baru selesai dikerjakan , langsung laku . Untuk hiasan dinding burung merak , di benderol dari harga 50 ribu hingga 300 ribu rupiah , tergantung ukuran , dan kerumitan . Sedangkan celengan karakter film kartun , rata-rata di jual 50 ribu rupiah per buah .

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Bencana

Kapal SPOB Seroja 01 Temukan 2 Korban KM Liberty 1 di Laut Utara Bali

Diterbitkan

pada

Saat petugas Basarnas Bali melakukan pencarian terhadap korban KM Liberty 1, Rabu (27/10/2021). ANTARA/HO-Basarnas Bali. (Antara/Ayu Khania Pranisitha/2021)

Denpasar – Kapal SPOB Seroja 01 menemukan dua orang ABK KM Liberty 1 di perairan utara Bali pada Rabu, (27/10) pukul 15.30 Wita.

“Dua orang korban tersebut atas nama Rivaldy Refly (juru minyak) dan Hadiq Zain (koki), saat ditemukan Rivaldy Refly masih dalam keadaan selamat namun Hadiq Zain sudah dalam keadaan meninggal dunia,” kata Kepala Basarnas Bali Gede Darmada dalam siaran persnya di Denpasar, Bali, Rabu.

Ia mengatakan saat ini Kapal SPOB Seroja 01 mengevakuasi dua korban ini menuju Pelabuhan Lembar, Lombok.

“Benar, korban akan dievakuasi menuju Pelabuhan Lembar, Lombok. Kami sudah koordinasikan dengan Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram. Estimasi tiba di Pelabuhan Lembar sekitar pukul 6 pagi,” jelasnya.

Selanjutnya, Basarnas akan melaksanakan pencarian di lokasi ditemukannya korban dengan mengerahkan KN SAR Arjuna 229.

Lokasi penemuan berjarak sekitar 40.56 NM dengan heading 51.29° dari Pelabuhan Celukan Bawang, Buleleng. Setelah dua korban dari 9 ABK ditemukan, Basarnas akan mencari tujuh ABK yang masih hilang.

Sebelumnya, diketahui bahwa KM Liberty 1 lepas sandar dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada Jumat, (22/10) pukul 00.07 WIB dini hari menuju Reo Flores NTT. Namun pada Sabtu, (23/10) pukul 22.07 Wita kapal yang berjenis cargo ini tenggelam karena dihantam badai di perairan utara Bali.(antara/*)

Continue Reading

MaduTV on Facebook

 

TV DIGITAL MADU TV

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

Trending

%d blogger menyukai ini: