HET Minyak Dicabut, Pedagang Serbu Distribusi Minyak Goreng Curah di Pasar Dolopo

41

Madiun – Dinas Perdagangan Koperasi Kabupaten Madiun bersama PT. Rajawali Nusindo mendistribusikan minyak goreng curah untuk para pedagang di Pasar Dolopo Baru pada Selasa (22/3/2022).

Minyak goreng tersebut tersedia dengan harga Rp 13 ribu per liter atau Rp 14.500 perkilogram. Terlihat Puluhan pedagang membawa masing-masing jerigen antre di depan Pasar Dolopo Baru.

Kabid Perdagangan Disperdagkop Kabupaten Madiun Toni Eko Prasetiyo mengatakan, kegiatan distribusi minyak goreng merupakan yang pertama dilakukan pasca pencabutan HET minyak goreng kemasan. Minyak murah dari PT Rajawali Nusindo hanya menyediakan 6.000 liter untuk pedagang pasar Dolopo dan sekitarnya. Setiap pedagang dibatasi maksimal membeli 60 kilogram saja. Hal tersebut karena kuota yang terbatas dan antusiasme masyarakat sangat tinggi.

Menurut Toni, harga dan stok minyak goreng belum juga stabil walaupun HET (Harga Eceran Tertinggi) minyak goreng kemasan telah dicabut pekan lalu dan HET minyak goreng curah telah dinaikkan menjadi Rp 14 ribu perliter atau Rp 15.500 ribu perkilogram.

Dari pantauan Disperdagkop Kabupaten Madiun, harga minyak goreng curah di Pasar Dolopo Baru Kabupaten Madiun masih jauh di atas HET, yaitu Rp 22 ribu perkilogram.

Distribusi minyak goreng ini untuk menstabilkan harga dan stok minyak goreng di pasaran. Dengan ini harapannya pedagang bisa menjual harga minyak goreng curah sesuai HET. Yaitu Rp 14 ribu perliter atau Rp 15.500 perkilogram.

Jika masih ditemukan Pedagang Pasar Dolopo Baru yang menjual di atas HET, maka Disperdagkop akan memberikan peringatkan. Namun, jika sampai berulang kali dilakukan maka nantinya Disperdagkop akan turun dengan tim Satgas Pangan untuk memberikan sanski tegas. (red)