Beranda Berita Hektaran Hutan Produksi Milik Perhutani Di Tulungagung Terbakar

Hektaran Hutan Produksi Milik Perhutani Di Tulungagung Terbakar

71
0

Hektaran Hutan Produksi Milik Perhutani Di Tulungagung Terbakar

Akibat musim kemarau yang berkepanjangan , hektaran hutan produksi milik Perhutani di Tulungagung , Jawa Timur , rabu siang , terbakar yang di duga dari ulah manusia yang dengan sengaja membuang putung rokok , dan mengenai dedaunan kering , sehingga menjalar keseluruh kawasan hutan . Petugas perhutani di bantu oleh personil TNI , dan warga sekitar , berusaha memadamkan api dengan menggunakan ranting-ranting pohon .

Sekitar 3 hektar hutan produksi petak 2-l milik perhutani , di bukit goa pasir , Desa Junjung , Kecamatan Sumbergempol , Tulungagung , Jawa Timur , rabu siang , terbakar . Dari kejauhan , nampak kepulan asap putih , dari sela-sela tanaman hutan di atas bukit bebatuan , bahkan di bukit tersebut , juga terdapat beberapa titik api yang masih menyala .

Hutan yang di dominasi pohon mauni , jatim , bambu ori , dan pohon sonokeling , merupakan milik perhutan wilayah RPH Sanggrahan , BKPH Kalidawir , KPH , Blitar , dan banyak daun-daun kering serta semak belukar , membuat api cepat membakar keseluruh kawasan hutan . Apalagi tiupan angin yang kencang di musim kemarau ini , semakin api cepat menjalar , dan membakar tanaman yang ada di dalam hutan .

Menggunakan ranting-ranting , pohon petugas perhutani di bantu oleh personil TNI dari Koramil Sumbergempol , dan warga sekitar , berusaha memadamkan api yang berada di lereng-lereng bukit . Sulitnya medan yang dilalui , membuat proses pemadaman membutuhkan waktu yang lama .

Menurut salah seorang petugas perhutani , bahwa kebakaran di hutan produksi di Bukit Goa Pasir , kerap kali terjadi , saat pada musim kemarau yang berkepanjangan . Di duga api tersebut , berasal dari ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab , dengan membuang sisa puntung rokok disekitar hutan , karena hutan tersebut , dekat dengan pemukiman warga .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

27 + = 28