Hujan lebat tersebut juga perkiraan terjadi di Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat. Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Papua.

BMKG juga meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan dengan kilat/petir dan angin kencang di sejumlah daerah. Yakni Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali. Prakiraan cuaca serupa juga perlu menjadi kewaspadaan warga di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur. Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Papua Barat.

BMKG juga mengeluarkan peringatan gelombang tinggi 2,5 – 4 meter di sejumlah area perairan. Yaitu, Perairan Barat Enggano – Lampung, dan Samudra Hindia Barat Mentawai hingga Lampung.

Gelombang tinggi tersebut juga berpotensi di Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat, dan Samudra Hindia Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat.

Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar tetap selalu waspada. Demikian pula, aktivitas pelayaran dapat mewasapdai potensi gelombang tinggi di area perairan tersebut. (Antara/hms)