Beranda Berita Hari Batik Nasional Puluhan Emak-Emak Belajar Membatik

Hari Batik Nasional Puluhan Emak-Emak Belajar Membatik

30
0

Hari Batik Nasional Puluhan Emak-Emak Belajar Membatik

Untuk tetap melestarikan batik, puluhan ibu rumah tangga di Kota Kediri – Jawa Timur belajar membatik. Semangat para emak-emak ini menunjukkan rasa citanya terhadap kain bermotif khas Indonesia ini, di momen peringatan hari batik nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2019.

Tak mau sebatas mengenakannya, dalam peringatan hari batik nasional, 2 Oktober 2019 ini, para ibu rumah tangga yang berada diseputaran Kelurahan Kemasan, Kota Kediri, belajar membuat batik sendiri. Mereka melukiskan tinta malamnya diatas kain yang sudah digambari pola sebelumnya.

Tak mudah memang bagi pemula, karena harus butuh ketelitian dan kesabaran. Kalau tidak fokus, maka bisa mengurangi polanya yang sudah disusun sedemikian rupa. Bagi para ibu rumah tangga, tingkat kesulitan membatik, terkadang terletak pada suasana rumah yang terbawa, sehingga mereka kurang fokus.

Untungnya puluhan ibu ini mendapat pengarahan langsung dari perajin batik Kediri, yang telah menguasai beberapa motif khas Kediri, seperti misalnya, Kesenian Jaranan, Sungai Brantas, dan tahu kuning. Melalui pelatihan membatik ini, diharapkan lahir banyak generasi pembatik kota kediri yang profesional dan mampu menciptakan produk batik yang banyak diminati.

Pasalnya, selama ini peminat batik di kediri dan sekitarnya terbilang masih relatif rendah, karena kurang pemahaman antara batik dan kain printing yang kerap dianggap batik. Padahal yang disebut membatik adalah proses pembuatan kain batik dengan pola tertentu, melalui dari pembuatan pola, menggoresan malam dengan cara mencanting, hingga tahap akhir pewarnaan kain.

Sementara itu, membatik tidak hanya sekedar hobbi semata, namun membatik merupakan upaya melestarikan budaya bangsa dan jika ditekuni bisa mengangkat perekonomian masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 71 = 78