Beranda Ragam Pendidikan Hadapi Bencana, Batang Latih Relawan

Hadapi Bencana, Batang Latih Relawan

146
0

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Minggu 26 Januari, melatih puluhan relawan dan masyarakat, untuk membantu meminimalkan korban banjir dan meningkatkan keterampilan relawan.

Beberapa wilayah di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, masuk daerah rawan longsor dan banjir.

Badan Penaggulangan Bencana Daerah, Kabupaten Batang, pun terus melatih relawan dalam mengevakuasi dan menangani pengungsi bencana.

Dengan cara ini, setiap orang bisa menyelamatkan diri apabila terjadi bencana dan masyarakat pun menjadi tangguh bencana.
Pelatihan ini diikututi oleh 41 orang yang tergabung dalam grup relawan batang, seperti PMI, FPI, SAR Jagabaya, Linmas Inti, Racika Palm dan Pramuka.

Latihan ini akan diadakan rutin setiap bulan, terlebih saat ini sedang menghadapi musim hujan akibat intensitas hujan yang tinggi.

Arif Mutakim – BPBD Batang, “Kali ini kita mengadakan latihan di Water Rescue untuk mengasah skill dari anggota calster di bidang penyelamatan air. 41 terdiri atas berbagai organisasi yg terlibat seperti SAR Jagabaya.”

Relawan mengaku sangat bersemangat mengikuti latihan ini, karena bisa meningkatkan kemampuan mereka dalam menolong korban bencana.

Sisworo – Relawan, “Pelatihan ini gimana mas? Pelatihan ini sangat membantu. Teknik dasar penyemalatan di air serta ada simulasi penyelamatannya.”

Latihan ini sendiri terdiri dari membuat kantong udara dari pakaian, latihan terapung dalam air, dan menyelamatkan korban tenggelam.

Pemkab Batang masih kekurangan alat pendeteksi dini bencana dan peralatan penanganan bencana alam yang menjadi prioritas ke depan kabupaten ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 2 = 1