Beranda Berita Gunung Agung Erupsi, Hujan Abu Landa Karangasem

Gunung Agung Erupsi, Hujan Abu Landa Karangasem

91
0

Gunung Agung kembali mengalami erupsi magmatik pada kamis malam. Erupsi ini terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 22 milimeter dan berdurasi sekitar 4 menit 26 detik. Pasca-erupsi ini, hujan abu vulkanik melanda wilayah Bangli dan Karangasem.

Pasca-erupsi gunung agung yang terjadi pada kamis malam 10 januari, sejumlah wilayah di bagian utara dan barat Gunung Agung, dilanda hujan abu vulkanik.

Hujan abu vulkanik dengan intensitas tipis melanda wilayah Desa Trunyan, Kintamani, Bangli. Selain itu, daerah lainnya yang juga terpapar yaitu Kecamatan Kubu Karangasem, yang berada di arah utara Gunung Agung.

Meski menimbulkan hujan abu vulkanik, erupsi Gunung Agung ini tidak mempengaruhi aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali.

Kepala pos pengamatan Gunung Api Agung, Dewa Made Merta Yasa mengatakan, sistem pipa magma yang masih terbuka pasca-letusan sebelumnya, menyebabkan hingga kini Gunung Agung masih rawan mengalami erupsi susulan.

Hingga kamis malam, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau P-V-M-B-G masih menetapkan status gunung agung pada level tiga atau siaga, dengan zona kawasan rawan bahaya berada dalam radius empat kilometer dari puncak gunung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here