GEMPA BUMI M 6,2 GUNCANG JEMBER, GETARAN DIRASAKAN HINGGA SEJUMLAH DAERAH

76

JEMBER – Gempa bumi dengan magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (6/12/2022) pukul 13.07 WIB.

Gempa yang terjadi pada kedalaman 10 kilometer itu dirasakan hingga wilayah Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, dan Banyuwangi. Sebagian besar warga merasakan getaran gempa selama sekitar lima detik.

Pusat gempa terletak sekitar 284 kilometer arah barat daya Kabupaten Jember. Setelah gempa magnitudo 6,2 itu, terjadi tiga kali gempa susulan di Kabupaten Jember. Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, gempa berkekuatan magnitudo 4,2 mengguncang Jember pada pukul 13.25 WIB. Kemudian, gempa berkekuatan magnitudo 4,1 pada pukul 13.36 WIB dan gempa magnitudo 4,3 pada pukul 13.49 WIB.

BNPB telah berkoordinasi dengan BPBD Jember dan memantau situasi pascagempa melalui Pusdalops BNPB. Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember sedang menerjunkan tim reaksi cepat ke wilayah yang merasakan guncangan. Tim BPBD menelusuri wilayah lokasi guncangan untuk memeriksa potensi dampak kerusakan.

Masyarakat diimbau untuk waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa susulan. Berdasarkan pemodelannya, BMKG merilis gempa yang berpusat di laut itu tidak berpotensi tsunami.