Fotografer Kebanggaan Banyuwangi Meninggal Dunia

71

Banyuwangi – Ia adalah Achmad Dzulkarnain atau yang lebih akrab disapa Bang Dzoel, seorang fotografer luar biasa ini dikabarkan meninggal dunia akbiat penyumbatan saluran kencing atau prostat yang diderita.

Bang Dzoel sempat menjalani perawatan dan operasi pada 18 hingga 19 Agustus di salah satu rumah sakit di daerah Banyuwangi Selatan. Bang Dzoel dipebolehkan pulang pada 20 Agustus. Menurut, Rizal Prasendi sahabat mendiang, mengatakan bahwa Dzoel sempat mengajaknya untuk melakukan control pada hari Kamis.

Namun pada Rabu pagi sekitar pukul setengah 8, Rizal mendapat kabar dari Bang Dzoel yang mengeluhkan kondisi fisiknya semakin turun dan langsung dilarikan ke RS PKU Rogojampi. Meski sempat disarankan untuk menjalani perawatan di rumah sakit pertama, namun takdir berkata lain.

Pria yang tinggal di Desa Benelan Lor Kecamatan Kabat Banyuwangi Jawa Timur ini merupakasn sosok yang menginspirasi banyak orang, karena dengan segala keterbatasan fisiknya Bang Dzoel memiliki keahlian dibidang fotografi yang sangat memukau. Karyanya banyak memikat banyak orang, tak terkecuali Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Rizal menambahkan salah satu kenangan paling berkesan yang ia miliki bersama almarhum sahabatnya itu, yakni saat mereka diundang oleh Pemerintah Kota Istanbul, Turki untuk mengikuti pameran fotografi dari 17 negara di dunia. Bang Dzoel merupakan sosok yang humoris, bersemangat tinggi, dapat bergaul dengan siapa saja serta memberikan inspirasi untuk banyak orang.

Bang Dzoel meninggalkan seorang istri yang dinikahinya sejak tahun 2021 lalu.(aw)