Connect with us

Olahraga

Erny Amalia siap pertahankan emas putri Jabar pertama di cabor Tinju

“Di PON itu saya target harus emas, jangan bicara perak atau perunggu, jadi target saya harus emas”

Diterbitkan

pada

Atlet Tinju Putri Jawa Barat Erny Amalia. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Bandung – Erny Amalia, atlet putri dari cabang olahraga tinju berkomitmen untuk mempertahankan medali emas dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua.

Pada PON 2016 di Jawa Barat, Erny meraih medali emas dari cabang Tinju kelas 51 kilogram. Pencapaian Erny tersebut merupakan catatan sejarah pertama bagi kelas putri yang meraih medali emas pada cabang tinju di Jawa Barat.

“Di PON  itu saya target harus emas, jangan bicara perak atau perunggu, jadi target saya harus emas,” kata Erny saat ditemui di Gedung KONI Jawa Barat, Kota Bandung, Rabu.

Atlet putri kelahiran Bogor, 8 Oktober 1988 itu mengaku motivasi untuk kembali meraih emas itu karena ingin berbalas budi kepada Jawa Barat yang telah berperan penting dalam karirnya sebagai atlet maupun akademisi di bidang olahraga.

Erny yang kini juga berprofesi sebagai pegawai di Dispora Kabupaten Bandung Barat itu, mengaku telah menyelesaikan studi magisternya di UPI berkat dukungan dari KONI Jawa Barat.

“Sebelum persiapan PON Papua juga saya menyelesaikan S2 saya dari beasiswa KONI di UPI, dengan itu saya akan berjuang keras di PON Papua ini karena Jabar sudah memberikan ke saya yang luar biasa,” kata Erny.

Atlet Tinju Putri Jawa Barat Erny Amalia. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Atlet Tinju Putri Jawa Barat Erny Amalia. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Untuk mencapai target tersebut, Erny mengaku kerap menambah porsi latihan yang ia telah lakoni untuk persiapan PON ini.

Karena menurutnya untuk menjadi juara, seluruh aspek perlu dilakukan melebihi para atlet lainnya. Karena, kata dia, bakat saja belum cukup untuk bisa menjadi seorang juara.

“Kalau orang latihan dua kali saya harus tiga kali, orang latihan tiga kali saya harus empat kali, seperti itu lah motivasi saya,” kata alumnus Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) tersebut.

Adapun dari segi pertandingan, menurut Erny tidak ada lawan khusus yang ia awasi di kelasnya. Semua lawan, ia anggap tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan.

Atlet Tinju Putri Jawa Barat Erny Amalia. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Atlet Tinju Putri Jawa Barat Erny Amalia. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

“Saya prinsipnya semua orang itu sama, saya latihan mereka juga latihan, tapi saya memegang prinsip bahwa jadilah juara dari yang juara, semuanya pada dasarnya sama,” kata Erny.

Dalam karirnya, ia menjadikan medali emas pada PON Papua ini sebagai target akhirnya sebagai atlet cabang tinju. Setelah pergelaran tersebut, ia berencana untuk fokus ke kehidupan sehari-harinya.

“Saya akan lebih mengembangkan karir saya di bidang akademis, pekerjaan juga mungkin, karena saya ingin menjadi dosen mengikuti jejak orang tua saya yang banyak berprofesi sebagai pengajar,” kata Erny.(antara/*)

Continue Reading
Advertisement

Bulu Tangkis

Praveen/Melati Melaju, Rinov/Pitha Kandas di Babak Pertama French Open

Diterbitkan

pada

Arsip foto - Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti memberikan selamat kepada ganda campuran China Zeng Siwei/Huang Yaqiong seusai perempat final Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Rabu (28/7/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Paris, Prancis – Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti melaju ke babak kedua French Open 2021 di saat rekannya, Rinov Rivaldy/Pitha Hanigtyas Mentari, harus terhenti lebih dini pada babak pertama turnamen bulu tangkis level Super 750 itu.

Bertanding di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Rabu, Praveen/Melati yang datang sebagai unggulan kedua menang 22-20, 21-19 atas pasangan Malaysia Chen Tang Jie/Peck Yen Wei dalam duel yang berlangsung 37 menit, demikian catatan resmi BWF.

Pada babak 16 besar, pasangan peringkat empat dunia itu bakal ditantang ganda India Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa.

Praveen/Melati menjadi satu-satunya wakil ganda campuran Indonesia yang bakal melanjutkan perjuangannya di Paris, Prancis menyusul kekalahan yang dialami rekannya Rinov/Pitha.

Rinov/Pitha harus takluk kepada unggulan ketiga asal Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino usai menelan kekalahan 12-21, 16-21.

Pada pertandingan yang berlangsung lebih awal, ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto berhasil menyusul Nita Violina Marwah/Putri Syaikah yang telah lebih dulu lolos ke babak kedua French Open 2021, Selasa kemarin.

Fadia/Ribka menang mudah atas pasagan Irlandia Kate Frost/Moya Ryan dengan skor 21-11, 21-13.

Beberapa pebulu tangkis Indonesia sebelumnya telah memastikan lolos ke babak kedua, yakni ganda putra Marcus Fernaldo Gideon/Kevin Sanjaya dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito, serta tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.(antara/*)

Continue Reading

MaduTV on Facebook

 

TV DIGITAL MADU TV

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

Trending

%d blogger menyukai ini: