Beranda Ragam Pendidikan Dunia Pendidikan Membawa Nama Harum Bangsa Indonesia Di Dunia Internasional

Dunia Pendidikan Membawa Nama Harum Bangsa Indonesia Di Dunia Internasional

168
0

Lagi, dunia pendidikan membawa nama harum bangsa indonesia di dunia internasional. Sebuah Lembaga Pendidikan Hafsahwaty Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo, menjadi pertama, ajang The Second Phattalung Internasional Science Fair 2019, dan PCCST Internasional Science Fair di Thailand. Karya kreatifitasnya tersebut yakni menciptakan beras analog yang mampu mencegah berbagai jenis penyakit.

Ratusan santri yang merupakan teman kelasnya di SMU unggulan Hafsahwaty Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo, langsung menyambutnya di halaman sekolah. Salah satu pengasuh pesantren, Kiai Hasan Mutawakkil AL Allah memberikan kalung bunga kepada empat santri berprestasi tersebut sebagai bentuk apresisi kepadanya.

Ke empat siswi berprestasi tersebut yakni Khamziyah Naili, Nanik Norlaila, Cahyaning Fitrialy, dan guru pembimbingnya, Yeny Rahma.

Tiga siswi SMU unggulan Hafsahwaty Pesantren Zainul Hasan Genggong ini, berhasil memborong dua kejuaraan sekaligus di ajang Internasional di Phattalung Thailand.

Juara pertama di pertandingkan di Phattalung Thailand, dan juara ke dua di provinsi Satun Thailand. Para siswi tersebut memperkenalkan sebuah produk yakni beras analog, beras analog ini memiliki kelebihan dan mempunyai khasiat untuk kesehatan baik pencegahan diabetes maupun kanker.

Beras analog karya siswi unggulan ini terbuat dari ubi ubian bernama suweg, atau dengan nama latin Morphophallus Paeoniifolius. Suweg sendiri banyak tumbuh di luar negara indonesia, namun jarang di gunakan oleh warga.

Suweg kemudian di campur dengan sagu dan daun kelor, ketiga bahan ini kemudian di haluskan hingga menjadi tepung. Setelah halus dan kering kemudian di cetak dengan pencetak mesin beras.

Beras analog ini menjadi satu satunya tim dari Indonesia yang bersaing dengan 26 tim lainnya yang di ikuti oleh beberapa negara ASEAN yang berhasil menjadi juara umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 18 = 24