Dua Pekan Berjalan, Kota Blitar Dinilai Sukses Uji Coba New Normal

117

Blitar – Kota Blitar yang telah dua pekan berstatus PPKM level 1 dinilai sukses menerapkan uji coba new normal. Uji coba new normal yang berlangsung di Kota Blitar mendapatkan apresiasi dari Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi sekaligus Ketua Pengendalian Covid-19 di Jawa-Bali Luhut Binsar Panjaitan.

“Kita mendapat apresiasi karena berhasil menjalankan uji coba new normal selama dua pekan ini,” ujar Wali Kota Blitar, Santoso, Selasa (19/10/2021). Kasus Covid-19 di Kota Blitar tetap landai selama dua pekan terakhir. Tidak ada tambahan kasus signifikan meski kegiatan masyarakat dilonggarkan. Bahkan penghuni rumah isolasi terpadu di Kota Patria terus berkurang. Saat ini hanya ada 4 penghuni. Jumlah ini merupakan jumlah terendah sejak Agustus 2021.

“Ini harus kita pertahankan. Caranya tetap patuh protokol kesehatan meski telah ada pelonggaran aktivitas,” tegasnya.

Data Satgas Penanganan Covid-19 Kota Blitar pekan pertama pelaksanaan uji coba new normal atau pada 5- 11 Oktober tercatat tambahan 7 kasus baru. Kemudian di pekan kedua atau pada 12- 17 Oktober hanya ada penambahan 4 kasus baru. Selama dua pekan uji coba new normal juga hanya tercatat 2 kasus kematian.

Capaian Kota Blitar ini akan terus masyarakat tingkatkan dengan semakin gencar melakukan 3T (testing, tracing dan treatment). Serta terus menggencarkan vaksinasi utamanya bagi lansia dan menyisir warga yang belum mendapatkan vaksinasi. (sk)