Connect with us

Blitar

Dua Pekan Berjalan, Kota Blitar Dinilai Sukses Uji Coba New Normal

Diterbitkan

pada

Blitar – Kota Blitar yang telah dua pekan berstatus PPKM level 1 dinilai sukses menerapkan uji coba new normal. Uji coba new normal yang berlangsung di Kota Blitar mendapatkan apresiasi dari Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi sekaligus Ketua Pengendalian Covid-19 di Jawa-Bali Luhut Binsar Panjaitan.

“Kita mendapat apresiasi karena berhasil menjalankan uji coba new normal selama dua pekan ini,” ujar Wali Kota Blitar, Santoso, Selasa (19/10/2021). Kasus Covid-19 di Kota Blitar tetap landai selama dua pekan terakhir. Tidak ada tambahan kasus signifikan meski kegiatan masyarakat dilonggarkan. Bahkan penghuni rumah isolasi terpadu di Kota Patria terus berkurang. Saat ini hanya ada 4 penghuni. Jumlah ini merupakan jumlah terendah sejak Agustus 2021.

“Ini harus kita pertahankan. Caranya tetap patuh protokol kesehatan meski telah ada pelonggaran aktivitas,” tegasnya.

Data Satgas Penanganan Covid-19 Kota Blitar pekan pertama pelaksanaan uji coba new normal atau pada 5- 11 Oktober tercatat tambahan 7 kasus baru. Kemudian di pekan kedua atau pada 12- 17 Oktober hanya ada penambahan 4 kasus baru. Selama dua pekan uji coba new normal juga hanya tercatat 2 kasus kematian.

Capaian Kota Blitar ini akan terus masyarakat tingkatkan dengan semakin gencar melakukan 3T (testing, tracing dan treatment). Serta terus menggencarkan vaksinasi utamanya bagi lansia dan menyisir warga yang belum mendapatkan vaksinasi. (sk)

Continue Reading
Advertisement

Blitar

Hama Petek Serang Ribuan Batang Tanaman Cabai

Diterbitkan

pada

Sumber : Hasil tangkap layar Youtube Redaksi Madu TV

Blitar – Di balik harga cabai yang melambung tinggi, petani justru mengeluh akibat tanaman cabainya banyak terserang hama petek. Petani terancam merugi sebab cabai yang seharusnya bisa dipanen justru busuk dan mengering di pohon.

Harga cabai di pasaran melambung tinggi yang sebelumnya hanya kisaran Rp. 10.000 hingga Rp. 12.000 per kilogram, kini menyentuh harga Rp. 55.000 per kilogram.

Namun, harga cabai tersebut tidak sepenuhnya membuat petani cabai di Kabupaten Blitar bahagia. Pasalnya  ribuan batang tanaman cabai terserang hama petek.

Sugianto, petani asal Desa Ponggok, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar mengatakan serangan hama cabai ini terjadi sejak sebulan terakhir menyebabkan cabai busuk dan mengering. Akibatnya cabai tidak bisa dipanen dan kondisi ini membuat petani resah karena terancam gagal panen.

Untuk mengurangi kerugian, cabai yang masih berwarna hijau terpaksa harus dipanen dini, karena jika terlambat akan busuk dan kemudian rontok. Petani menduga hama cabai petek terjadi akibat cuaca akhir – akhir ini.

Sugianto juga mengeluhkan kondisi ini, pasalnya 5.000 batang pohon cabai miliknya hampir 90 persen mati terserang hama patek. Dirinya  sempat berupaya mengobati tanaman yang terkena hama namun tidak membuahkan hasil. Bahkan ia berencana mengganti tanaman cabai miliknya dengan tanaman lain yang lebih menguntungkan. (sr)

Continue Reading

MaduTV on Facebook

 

TV DIGITAL MADU TV

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

Trending

%d blogger menyukai ini: