Ditinggal Berjemur, Rumah Seorang Kakek Ludes Dilalap Si Jago Merah

51

Lubuk Linggau – Fauzi, seorang kakek (60) hanya pasrah melihat puing-puing rumahnya ludes dilalap si jago merah, Minggu (20/3/2022) siang. Saat rumahnya terbakar, Fauzi yang tengah sakit-sakitan hanya bisa menyaksikan dari kejauhan. Pasalnya, saat itu ia sedang berjemur di depan rumah tetangga.

Kebakaran di Gang Ruslan RT. 10 Kelurahan Bandung Ujung, Kecamatan Lubuklinggau Barat ini hanya menghanguskan rumah Fauzi karena cepat dipadamkan oleh warga sekitar. Dino (25) saksi mata keponakan Fauzi mengatakan, saat itu sedang tidur di lantai dua rumahnya. Tiba-tiba mencium bau asap seperti orang membakar ban. Dino langsung turun, kemudian masuk ke rumah Fauzi melalui pintu belakang.

Saat hendak mau masuk ke dalam ternyata tidak bisa karena asap sudah penuh. Ia langsung memanggil warga sekitar dan meminta adiknya untuk menghubungi damkar. Kemudian, warga gotong royong memadamkan api menggunakan alat seadanya. Mobil damkar baru datang saat api sudah mau padam.

Fauzi menceritakan bahwa pada pagi itu tidak ada orang di rumahnya. Istrinya pergi bekerja dan kedua anaknya sedang keluar rumah. Tidak ada satupun barang miliknya yang selamat, termasuk surat-surat penting. Fauzi menduga kebakaran disebabkan korsleting arus pendek listrik. Karena api diketahui berasal dari kamar depan kemudian langsung menjalar ke seluruh rumah.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Lutfi menyampaikan, pihaknya mendapatkan laporan kebakaran pada pukul 10.00 WIB. Kemudian, satu armada damkar diterjunkan untuk memadamkan api dan kemudian melakukan pendinginan. Akibat kebakaran tersebut kerugian ditaksir mencapai Rp 200 juta rupiah. (red)