Dinkes Abadikan Nama Nakes yang Meninggal

99

Tulungagung – Dinas kesehatan Kabupaten Tulungagung, berencana akan mengabadikan nama tenaga kesehatan yang meninggal karena terpapar Covid. Mereka menganggap para nakes tersebut sebagai pahlawan, yang berjuang di garda terdepan selama penanganan Covid-19. Pihak dinas kesehatan juga telah mengajukan para nakes yang meninggal ini, untuk mendapatkan santunan dari pemerintah.

Dinas kesehatan Kabupaten Tulungagung berziarah ke makam tenaga kesehatan, yang meninggal karena terpapar Covid-19. Ziarah ini terlaksana dalam rangka memperingati hari pahlawan, dan hari kesehatan nasional. Para nakes ini merupakan pahlawan yang berjuang di garda terdepan, selama masa penanganan pandemik Covid-19.

Total terdapat 18 nakes yang meninggal setelah terpapar Covid. Mereka terdiri dari dokter, bidan, perawat serta tenaga pendukung lainnya. Pihak dinkes sendiri mewacanakan akan mengabadikan nama nakes ini, untuk dijadikan nama ruang perawatan atau monumen. Mereka akan meminta izin kepada pihak keluarga, untuk menggunakan nama tersebut.

Selain itu, pihak Dinkes juga telah mengusulkan semua nakes tersebut untuk memperoleh santunan dari pemerintah. Hampir separuh nakes yang meninggal ini telah mendapatkan santunan yang ahli waris terima. Sisanya masih dalam proses pengurusan. Harapannya ziarah ini dapat memberikan spirit kepada nakes lainnya untuk tetap semangat dalam masa pandemik Covid-19 ini.

Para nakes yang telah meninggal ini dapat ternilai sebagai pahlawan. Hal tersebut karena mereka berada di garda terdepan dalam penanganan Covid 19. (bp)