Dinas Kesehatan Lakukan Fogging di Lapas Klas IIB Tulungagung

Tulungagung – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung melakukan fogging atau pengasapan, di lingkungan lapas Klas IIB Tulungagung. Fogging dilakukan menyusul adanya temuan kasus demam berdarah di lapas tersebut. Pasien yang merupakan warga binaan lapas sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Petugas lapas juga mengintruksikan kepada seluruh warga binaan untuk menjaga kebersihan lingkungan lapas. Bak air di kamar mandi dikuras setiap hari untuk menghindari berkembang biaknya nyamuk aedes aygepti.

Seluruh blok yang dihuni para warga binaan dilakukan pengasapan oleh petugas. Tak hanya itu, seluruh lingkungan mulai dari ruang perkantoran hingga layanan juga difogging. Pengasapan ini merupakan salah satu upaya lapas untuk memutus rantai penyebaran penyakit demam berdarah.

Angka kasus demam berdarah sendiri terus bertambah setiap hari. Sejak awal Januari hingga pertengahan Februari total terdapat 95 kasus, dengan dua pasien meninggal dunia. Pihak Dinas Kesehatan sendiri memprediksi kasus demam berdarah ini akan menurun pada bulan Maret mendatang. Biasanya kasus ini mengalami peningkatan pada 3 bulan pertama. Setelah itu kasus cenderung menurun dan landai.

Masyarakat diimbau untuk selalu memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar. Mereka diminta melakukan 3M, yakni mengubur, menguras dan menutup. (red)