Di Pasar Tradisional Semampir Harga Cabai Rawit Tembus Rp. 80.000 / Kg

30
Harga cabai melambung tinggi di Pasar Tradisional Semampir Probolinggo

KRAKSAAN, 21 November 2023 – Harga cabai di pasar tradisional Semampir, Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, telah mengalami kenaikan drastis selama dua pekan terakhir. Pedagang cabai di sini melaporkan bahwa kenaikan harga tersebut telah membuat sepi pembeli, yang biasanya memburu cabai dalam jumlah besar.

Awalnya, harga cabai rawit di pasaran mencapai sekitar empat puluh ribu rupiah per kilogram, namun saat ini, harga tersebut telah melonjak hingga mencapai sekitar delapan puluh ribu rupiah per kilogram. Hal ini membuat banyak konsumen terkejut dan enggan membeli cabai dalam jumlah besar seperti biasanya.

Aris, seorang pedagang cabai di Pasar Tradisional Semampir, mengungkapkan bahwa tingginya harga cabai telah mengakibatkan penurunan drastis dalam jumlah pembeli. Biasanya, cabai yang dijualnya laris habis, namun saat ini, pembeli cabai sangat berkurang. Aris menjelaskan bahwa dalam satu hari, ia biasanya mampu melayani pembeli cabai dengan jumlah yang cukup tinggi, tetapi saat ini, dampak dari harga yang melonjak membuat pembeli berkurang.

Aris berharap agar harga cabai rawit segera kembali normal, karena dengan harga yang lebih terjangkau, pembeli cabai akan kembali meningkat. Meskipun harga cabai rawit melonjak, stok cabai pada pedagang seperti biasanya masih cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Joeli Santoso, Koordinator Pasar Tradisional Semampir Kota Kraksaan, menjelaskan bahwa tingginya harga cabai bisa disebabkan oleh hasil tanaman cabai yang tidak produktif akibat cuaca panas ekstrem yang disebabkan oleh fenomena El Nino. Meskipun harga cabai rawit mencapai puncaknya sekitar delapan puluh lima ribu rupiah, Joeli mengklaim bahwa kebutuhan akan cabai masih terpenuhi, karena masih banyak pembeli yang membutuhkan cabai rawit untuk keperluan memasak dan usaha kuliner di sekitar Kota Kraksaan.

Dalam situasi yang menantang ini, para pedagang dan konsumen berharap agar harga cabai segera kembali normal, sehingga kehidupan sehari-hari dapat berjalan dengan lancar tanpa beban harga yang terlalu tinggi. Semoga cuaca yang lebih baik akan membawa harapan untuk kembalinya harga cabai yang terjangkau di pasar tradisional Semampir, Kota Kraksaan.