Beranda Berita Desa Ngampel Papar Manfaatkan Biogas Untuk Bahan Bakar Alternatif Dan Lampu Penerangan

Desa Ngampel Papar Manfaatkan Biogas Untuk Bahan Bakar Alternatif Dan Lampu Penerangan

38
0

Desa Ngampel Papar Manfaatkan Biogas Untuk Bahan Bakar Alternatif Dan Lampu Penerangan

Desa-desa di Kabupaten Kediri terus berinovasi untuk mengangkat potensi yang dimiliki, seperti halnya Desa Ngampel, Kecamatan Papar. Sekelompok peternak sapi memanfaatkan biogas dari kotoran ternak untuk menciptakan gas metan, sebagai sumber penerangan dan memasak. Selain dapat menghemat pengeluaran, bahan bakar alternatif tersebut juga ramah terhadap lingkungan.

Inovasi pemanfaatan biogas menjadi bahan bakar alternatif ini dilakukan oleh kelompok peternak sari pati ngampel, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri. Dari dua sumber biogas yang dikelola oleh peternak, kini mampu mencukupi kebutuhan bahan bakar kompor dan lampu petromak enam kepala keluarga, dari anggota.

Jamal Sururi, ketua pokternak sari pati ngampel mengaku, ide awal pembuatan biogas tersebut dari banyaknya kotoran hewan ternak sapi yang dihasikan. Kemudian, mereka meminta pelatihan pemanfaatan kotoran ternak itu kepada dinas ketahanan pangan dan peternakan kabupaten kediri.

Kelompok ternak sati pati ini kemudian diberi bantuan biogas yang memiliki fungsi merubah kotoran ternak sapi menjadi gas metan. Energi alternatif ini kemudian dialirkan ke rumah-rumah anggota kelompok untuk dijadikan sebagai bahan bakar kompor untuk memasak serta sumber penerangan dari lampu petromak.

Selain menghasilkan bahan bakar alternatif, sisa kotoran setelah melalui proses biogasi dimanfaatkan sebagai pupuk organik. Masyarakat mengaku, energi alternatif tersebut sangat bermanfaat. Kini mereka sudah tidak pernah membeli gas elpiji dan menekan tagihan listrik pln hingga 30 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

50 − = 44