DEMO TUNTUT SUPERMARKET DITUTUP DIWARNAI KERICUHAN

119

KEDIRI – Kericuhan sempat terjadi di pintu masuk halaman Supermarket Superindo di Jalan Hasanudin, Kecamatan, Kota Kediri. Massa yang berusaha masuk ke halaman dihadang oleh pihak kepolisian.

Adu dorong antara massa pendemo dengan pihak kepolisian tidak terelakkan. Beruntung, kericuhan mereda setelah kedua belah pihak ditenangkan oleh korlapnya masing-masing.

Dalam orasinya, massa meminta agar Supermarket Superindo yang baru dibuka untuk ditutup karena dianggap oleh massa pendemo melanggar prosedur perijinan. Pasalnya, pihak Superindo tidak melibatkan warga lingkungan RT setempat dan diduga ada dokumen perijinan yang menyalahi aturan bahkan pemalsuan.

Sementara pihak Supermarket Superindo mengatakan jika pendirian supermarket sudah sesuai dengan prosedur dan rekomendasi dari Pemkot Kediri. Pihaknya juga mengikuti arahan dari pihak kantor kelurahan.

Pihak massa juga mengancam jika supermarket tidak ditutup, mereka akan turun dengan jumlah massa yang lebih besar. Karena keberadaan supermarket juga dinilai akan mematikan perekonomian rakyat kecil karena lokasi berdekatan dengan pasar rakyat, yakni Pasar Balowerti dan Pasar Ngaglik Dandangan.