Connect with us

Artikel

Demi Petani dan Kedaulatan Pangan RI, Belarus pun Dijajaki

“Kita ingin belajar bagaimana Belarus mencapai kedaulatan pangannya, membangun pertanian dan peternakannya.”

Diterbitkan

pada

Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinasi Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel (tengah berjas biru) saat melihat traktor tangan buatan Belarus Minks Tractor Works, di Minks, Belarus, Jumat. ANTARA/Risbiani Fardaniah.

Jakarta – “Saya tertarik dengan potasium di sini,” ujar Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, saat ditanya mengapa melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Belarus menjelang akhir Oktober ini.

Potasium atau kalium merupakan bahan baku pupuk majemuk NPK yang dibutuhkan petani untuk produktivitas dan hasil pertanian yang berkualitas.

Dan Belarus merupakan salah satu penghasil potasium terbesar di dunia, di samping Kanada dan Rusia. Kandungan potasium di tambang milik Beraruskali yang dikunjungi Rachmat Gobel dan rombongan saja diperkirakan mencapai 6,6 miliar ton yang cukup untuk operasional perusahaan selama lebih dari 120 tahun.

Potasium juga lah yang selama ini mendominasi perdagangan Indonesia dan Belarus.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan RI, dari total neraca perdagangan kedua negara yang mencapai 165,2 juta dolar AS pada 2020, sebesar 141,97 juta dolar AS adalah impor potasium Indonesia dari Belarus. Demikian pula pada periode Januari-Agustus 2021 dari nilai perdagangan sebesar 153,4 juta dolar AS, sebesar 146,6 juta dolar AS ada impor potasium.

Belarus memang bukan satu-satunya produsen potasium, namun yang membuat Wakil Ketua DPR RI Koordinator Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel tertarik pada negara bekas pecahan Uni Sovyet itu adalah kemampuan Belarus menjaga ketahanan pangannya, bahkan mampu mengekspor produk pertaniannya seperti susu dan produk turunan, daging, hingga hasil tanaman pangan.

“Kita ingin belajar bagaimana Belarus mencapai kedaulatan pangannya, membangun pertanian dan peternakannya,” ujar Rachmat Gobel yang juga mantan Menteri Perdagangan itu.

Karena itulah ia didampingi oleh Ketua Komisi VIII DPR RI Sugeng Suparwoto, Anggota Komisi XI Heri Gunawan, Anggota Komisi X Ratih Megasari, Dirjen Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil (IKFT) Kementerian Perindustrian Muhammad Khayam, Staf Ahli Menteri Perdagangan Sutriono Edi, Dirut PT Pupuk Kalimantan Timur Rahmad Pribadi serta Dubes RI untuk Rusia dan Belarus Jose AM Tavares. Sayangnya, tidak ada perwakilan Kementerian Pertanian RI dalam kunker tersebut.

Sebelum melakukan berbagai pertemuan dengan kementerian teknis terkait pertanian di negara yang dipimpin Presiden Alexander Lucasenko itu, Rachmat Gobel lebih dahulu bertemu dengan koleganya sesama parlemen.

Kedatangan Delegasi Indonesia itu disambut langsung oleh Wakil Ketua Parlemen Belarus Valery Mitskevich dan kemudian bertemu dengan Ketua Parlemen Belarus Mr Vladimir Andreichenko.

Pimpinan parlemen kedua negara sepakat mendorong pemerintah di negara masing masing untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, termasuk pertanian.

Pertanian Belarus……..>>>

Laman: 1 2 3

Continue Reading
Advertisement

Artikel

Pria Mencurigakan Sembunyi di Semak-semak

Diterbitkan

pada

Pria Mencurigakan Sembunyi di Semak-semak

Pria Mencurigakan Sembunyi di Semak-semak

Blitar ,Madutv-Warga Dusun Patuk Rt 01 Rw 01 Desa Pojok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar dihebohkan dengan adanya seorang pria dengan gerak-gerik mencurigakan.

Pria tersebut terpergok warga bersembunyi di semak-semak bersama motor roda dua miliknya.

Warga yang mengetahui keberadaan pria mencurigakan tersebut kemudian melaporkannya ke petugas patroli Polsek Garum.

Setelah beberapa waktu di cari orang tersebut ternyata di temukan bersembunyi di semak-semak di selatan pekarangan rumah selanjutnya diamankan dan dibawa ke Polsek Garum untuk di interograsi.

Setelah di interograsi diketahui pelaku bernama Agung Ahmad Romdhon (28) warga Lingkungan Kebonsari Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Dia juga
mengaku berada di lokasi kejadian karena berniat mencuri mesin traktor.

Lebih lanjut saat diinterogasi dia juga mengaku bahwa aksi pencurian sebelumnya juga sudah dilakukan oleh pelaku. Yakni mencuri sebuah mesin pompa air, sebuah velg ban dan sejumlah barang lainnya pada pada Kamis tanggal 4 November 2021.

“Jadi awalnya pada Selasa 9 November pagi warga setempat curiga dengan gerak-gerik seorang pria yang bukan warga setempat. Kemudian lapor ke petugas patroli dan mendapati pria tersebut sedang berada di semak-semak,” ujar Kapolsek Garum, Iptu Burhanudin, Kamis (11/11/2021).

Pelaku kini diamankan di Mapolsek Garum untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Serta menyelidiki kemungkinan Tempat Kejadian Perkara (TKP) lain.

“Sekarang sudah kami amankan dan kami periksa,” pungkas Burhan.(sk)

Continue Reading

MaduTV on Facebook

 

TV DIGITAL MADU TV

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

Trending

%d blogger menyukai ini: