Beranda Berita Debit Air Wendit Kurang, Pemkot Berencana Memanfaatkan Air Baku

Debit Air Wendit Kurang, Pemkot Berencana Memanfaatkan Air Baku

30
0

Debit Air Wendit Kurang, Pemkot Berencana Memanfaatkan Air Baku

Memantau debit air yang keluar dari sumber air wendit, Kabupaten Malang, Walikota Malang, melakukan peninjauan langsung di sumber air wendit. Dalam peninjauan tersebut, debit air wendit terus berkurang. Untuk itu, Pemkot Malang melalui PDAM akan memanfaatkan air permukaan untuk pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga Kota Malang. Debit air bersih dari sumber wendit, Kabupaten Malang, terus berkurang dari tahun ke tahun. Hal ini dipastikan di tahun 2050, air bersih dari sumber wendit yang selama ini menjadi pemasok utama air beraih bagi warga kota malang akan habis.

Untuk itu, mengantisipasi berkurangnya pasokan air bersih bagi warga Kota Malang, Pemkot melalui PDAM, berencana memanfaatkan air bawah tanah dan air permukaan. Untuk pemanfaatan air bawah tanah, rencananya ada beberapa titik yang akan dibuat sumur bor. Sedangkan untuk pemanfaatan air permukaan, rencananya akan mengilah air dari sungai rolak untuk kebutuhan pasokan air beraih bagi warga Kota Malang.

Walikota Malang yang melakukan peninjauan disumber air wendit mengatakan, bahwa debit air wendit terua berkurang. Untuk Pemkot akan berencana menggunakan air baku yang ada di Kota Malang. Rencananya dalam waktu dekat akan membuat sumur bor dan pengolahan air di kali rolak. Dengan demikian pasikan air bersih bagi warga kota malang dapat terpenuhi. Sementara, Dirut Pdam Kota Malang mengatakan, bahwa saat ini air yang keluarr dari sumber wendit sebanyak 1500 per detik. Hal ini dinilai masih kurang, sehingga pasokan air ke warga Kota Malang tidak begitu maksimal.

Di tahun 2020, PDAM akan segera memanfaatkan air baku, sehingga pasokan kebutuhan bagi warga terpenuhi. Namun untuk mewujudkan pengolahan air baku, butuh biaya yang besar sehingga masih dikaji lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 8 = 11