Beranda Video CVR Lion JT610 Ditemukan Berkat Teknologi Spica

CVR Lion JT610 Ditemukan Berkat Teknologi Spica

176
0

Memanfaatkan teknologi Spica 934, CVR pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh beberapa waktu lalu berhasil ditemukan. CVR ditemukan di bawah ketebalan lumpur 30 cm, di bawah timbunan puing-puing, di area pencarian 5×5 meter.

Bekerjasama dengan pusat hidrografi dan oseanografi tni angkatan laut, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), berhasil menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR), pesawat Lion Air PK-LQP, Senin,14 Januari pagi.

CVR ditemukan dengan menggunakan KRI spica 934, yang diberangkatkan dari Dermaga Jict 2 pelabuhan Tanjung Priok, sejak Selasa, 8 Januari 2019.

Pencarian dilakukan terhadap area 5 x 5 meter, dengan jarak 50 meter dari lokasi ditemukannya fdr.

Teknologi KRI Spica 934, keterampilan ABK KRI Spica, dan semangat para penyelam, CVR berhasil ditemukan, pada ketebalan lumpur 30 cm, di bawah timbunan puing-puing.

Puing-puing tersebut mengakibatkan pantulan sinyal ping dari CVR terhalang, namun KRI Spica bisa mendeteksinya.

Sinyal ping semakin melemah, karena hanya bertahan selama 90 hari, sejak lion air jatuh di perairan karawang 29 oktober 2018.

KRI Spica-934 memiliki peralatan bawah air berteknologi canggih, yang dilengkapi alat seperti multibeam echosounder, magnetometer, side scan sonar, dan peralatan hipap, sehingga mampu mendeteksi sinyal dari black box.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + 6 =