Connect with us
header

Blitar

Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkot Blitar Perpanjang PPKM Mikro

Diterbitkan

pada

Blitar – Demi upaya mencegah penyebaran Covid-19, Pemkot Blitar kembali melanjutkan pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro. Pemkot Blitar mengoptimalkan kembali peranan Posko Tangguh pada level yang paling bawah, yakni di tingkat RT.

Santoso mengatakan, Pemkot Blitar juga telah mengikuti langkah-langkah pemerintah pusat terkait perpanjangan pelaksanaan PPKM Mikro. “Karena sangat efektif menekan lonjakan kasus Covid-19, maka PPKM Mikro di kota Blitar kami perpanjang. Yaitu, dengan mengoptimalkan kembali peran Posko Tangguh di tingkat RT,” kata Wali Kota Blitar, Santoso, Selasa (22/6/2021). Hal ini sesuai instruksi terbaru dari Mendagri Nomor 14 Tahun 2021, bahwa kepala daerah diminta untuk terus melaksanakan PPKM Mikro secara ketat. Salah satu isi instruksi tersebut adalah aturan kerja dari rumah atau work from home sebanyak 75 persen di daerah zona merah dan 50 persen di zona lainnya.

Pendampingan Pelaksanaan PPKM Mikro. Foto: Suko

Dalam Instruksi, Mendagri juga menyebutkan soal pembatasan jam operasional rumah makan, yang mewajibkan buka sampai pukul 20.00 WIB. Ia menjelaskan, di masa pandemi seperti saat ini, pemerintah tidak semata-mata menangani masalah kesehatan saja. Akan tetapi, pemerintah juga harus memikirkan soal pemulihan ekonomi.

“Maka itu, warung makan, PKL, pelaku usaha kecil kami beri ruang gerak agar ekonomi tetap berjalan. Dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Pemkot Blitar juga telah mendirikan Posko di kawasan Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP), yang menjadi tempat parkir kendaraan pengunjung wisata Makam Bung Karno. Posko itu mengawasi penerapan protokol kesehatan dan melaksanakan 3T (testing, tracing, treatment) terhadap pengunjung. “Pengunjung MBK mulai meningkat. Untuk itu, kami mendirikan Posko di PIPP untuk pengawasan prokes dan pelaksanaan 3T kepada pengunjung,” ujarnya.

Saat ini, status Kota Blitar masuk dalam zona orange. Jumlah komulatif kasus positif Covid-19 di Kota Blitar saat ini mencapai 2.731 orang. Jumlah komulatif pasien sembuh sebanyak 2.593 orang dan jumlah komulatif pasien meninggal ada 120 orang. Sedang pasien yang masih dalam perawatan sampai sekarang sebanyak 18 orang. (sk)

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

TV DIGITAL MADU TV

space-iklan-300x400

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

%d blogger menyukai ini: