Cegah Masuknya PMK, FRPB Pamekasan Lakukan Penyemprotan ke Sejumlah Kandang Ternak Sapi Warga

57

Pamekasan – Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak sapi, Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Pamekasan, Madura, Jawa timur, melakukan penyemprotan disinfektan di kandang-kandang sapi milik warga secara gratis.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya membantu masyarakat mencegah PMK pada ternak sapi warga di wilayah Pamekasan.

Ketua FRPB Budi Cahyono, menyampaikan sejumlah anggota FRPB melakukan penyemprotan awal di Desa Bulay dan Desa Polagan, Kecamatan Galis Pamekasan, Minggu (15/05/2022).

“Penyeprotan disinfektan secara gratis ini untuk mengantisipasi masuknya virus PMK masuk ke Pamekasan setelah di beberapa kabupaten di Jawa timur banyak sapi yg terkena penyakit mulut dan kuku,” kata Budi Cahyono.

Budi menambahkan, BPBD Jatim juga melakukan penyemprotan di Gresik, Lamongan, Jombang dan Lainnya.

“Upaya yg kita lakukan ini dapat mencegah penyakit tersebut terinfeksi ke ternak warga di wilayah Pamekasan,” paparnya.

Masyarakat Pamekasan yang membutuhkan penyemprotan bisa langsung hubungi FRPB Pamekasan untuk melakukan penyemprotan ke kanfang ternak milik warga.

“Semoga langkah antisipasi ini bisa  mencegah penyakit mulut dan kuku di Pamekasan,” harapnya.

Sementara itu, Rusdi (56) warga Desa Bulay menyampaikan terimalasih kepada FRPB Pamekasan yang telah melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah kanfang milik warga setempat.

“Ini merupakan langkah awal mengantisipasi masuknya PMK, ini sangat bagus dan saya setuju untuk mengantisipasi awal agar ternah kami tidak tertular dan terinfeksi penyakit itu,” ucap Rusdi warga Desa Bulay.

Pihaknya berharap, langkah strategis dalam upaya mengantisipasi ini, diharapkan wabah penyakit tersebut tidak terjadi di wilayah Pamekasan.