Cegah HIV-AIDS Sejak Dini, Berikan Pembekalan Ke Kader

150

KEDIRI, JAWA TIMUR – Upaya pencegahan penularan HIV-AIDS terus diperkuat di Kelurahan Pakuden, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. Para kader Warga Peduli AIDS (WPA) dengan tekun memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mencegah penyakit mematikan ini sejak dini.

Dalam rangka menciptakan kesadaran dan kepedulian yang lebih tinggi terhadap HIV-AIDS, para kader WPA di Kelurahan Pakuden terus mendapatkan pemantapan pengetahuan dan keterampilan mereka. Pemantapan ini menjadi langkah penting dalam mengidentifikasi kasus HIV-AIDS di masyarakat sejak dini.

Kepala Kelurahan Pakunden, M. Khalimi, menyatakan, “Kami sangat bangga dengan dedikasi para kader WPA kami yang selalu aktif dalam melakukan pencegahan HIV-AIDS. Mereka adalah garda terdepan dalam upaya ini, dan kami terus memberikan pemantapan pengetahuan agar mereka semakin siap dalam menjalankan tugas mereka.”

Para kader WPA tidak hanya menjalankan tugasnya dalam sosialisasi, tetapi juga berperan aktif dalam memberikan pemahaman kepada warga tentang pentingnya pencegahan HIV-AIDS. Melalui kegiatan ini, mereka mengingatkan masyarakat untuk lebih proaktif dalam menerapkan langkah-langkah pencegahan sejak dini.

Endang, seorang kader WPA yang berdedikasi, menjelaskan, “Kami merasa tanggung jawab untuk melindungi masyarakat kami dari HIV-AIDS. Dengan terus meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kami, kami berharap dapat membantu masyarakat untuk lebih sadar akan bahaya ini dan menerapkan tindakan pencegahan.”

Selain sebagai upaya pencegahan, kegiatan sosialisasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan para kader dalam menjalankan tugas mereka dengan efektif. Dengan pengetahuan yang lebih mendalam, mereka dapat menjadi sumber informasi yang handal bagi masyarakat.

Joko Dwi Efendi, seorang warga Kediri, menyambut baik upaya para kader WPA. “Kami merasa lebih percaya diri dan siap dalam menghadapi risiko HIV-AIDS berkat sosialisasi mereka. Mereka adalah pahlawan yang berjuang untuk melindungi kita semua.”

Upaya keras para kader WPA di Kelurahan Pakuden, Kediri, adalah contoh nyata bagaimana kesadaran dan kepedulian masyarakat dapat menjadi garda terdepan dalam pencegahan HIV-AIDS. Semoga upaya mereka dapat menginspirasi langkah serupa di berbagai wilayah, sehingga kita semua dapat bersama-sama mencegah penularan penyakit ini sejak dini.