Bus Eka Kecelakaan di Taman Jurug Solo, Diduga Akibat Human Error

124

Solo – Bus AKAP Eka nyungsep di selokan Jalan Ir Sutami, Jurug, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Senin (4/4/2022). Informasi di lapangan, bus non ekonomi berplat nomor S-7298-US itu dalam kondisi remuk sepanjang body sisi kanan. Pasalnya nyungsep di selokan dan menghantam pondasi. Menurut Supeltas yang ada di sekitar lokasi, Dani Sanjaya, kejadian tersebut sekira pukul 12.00 WIB.

“Busnya melaju dari Arah Solo, ke arah Karanganyar,” katanya.

Menurut Kanit Laka Satlantas Polresta Solo Iptu Suharto, ada dugaan human eror dalam kecelakaan tunggal tersebut. Kecelakaan tunggal itu melibatkan bus Eka Nopol S-7298-US yang tengah melaju dari arah Solo (barat) menuju Karanganyar (timur).

Sesampainya di depan Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), bus yang dikemudikan Muksin (35), warga Tegal itu oleng ke kanan.

“Pada saat berjalan dari arah barat ke timur, diduga sopir mengantuk selanjutnya membanting setir ke kanan,” katanya kepada tim jurnalis.

Akibanya, bus melaju keluar jalur hingga menabrak pohon dan taman. Dalam kejadian ini, sambung Iptu Suharto, mengakibatkan 3 orang harus dilarikan ke rumah sakit. Sopir dan penumpang dilarikan ke rumah sakit Hermina, sementara kondektur dilarikan ke rumah sakit dr. Moewardi.

“Ketiganya mengalami luka ringan, dan tidak ada yang diopname,” ujarnya.

Akibat kecelakaan tunggal ini, kerugian materiil ditafsir mencapai 30 juta rupiah dan ada 2 korban luka berat serta 2 korban luka ringan. (red/tr)