Bupati Rijanto Luncurkan Perbup Pedoman Tatanan Baru di Kabupaten Blitar

Blitar – Ditengah lonjakan jumlah pasien positif Covid-19, Pemerintah Kabupaten Blitar mengeluarkan pedoman tatanan kebiasaan baru dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease (Covid-19).

Sesuai petunjuk, Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 40 Tahun 2020, telah disebutkan seluruh masyarakat diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan di segala aktivitas.

Bupati Blitar Rijanto mengatakan adanya peraturan ini, masyarakat diajak supaya disiplin dalam menerapkan protap kesehatan pencegahan virus corona.

“Jika nanti, saat pelaksanaannya masih saja ditemukan masyarakat yang melanggar maka dikenakan sanksi dari petugas terkait seperti Satpol PP, Kepolisian dan TNI,” kata Rijanto.

Dalam Perbup Nomor 40 Tahun 2020, siapapun yang melanggar protokol kesehatan akan mendapat sanksi administratif sebagaimana dimaksud pada pasal pasal 13 ayat 3.

“Pertama teguran lisan dan Kedua kerja sosial yang dilakukan semisal mengucap Pancasila, membersihkan tempat fasilitas umum, area publik dan kantor instansi Pemerintah,” imbuhnya.

Rijanto berharap adanya Perbup ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan di tengah pandemi corona. Karena Covid-19 dapat menular kepada siapapun dan kapanpun berada. (SK)