Brimobda Sultra Siagakan Personel di MTQ Korpri Tingkat Nasional 2021

148

Kendari – Satuan Brigade Mobil (Sat Brimob) Polda Sulawesi Tenggara menyiagakan ratusan personel dalam mengamankan jalannya Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-5 Korps Pegawai Negeri Indonesia (Korpri) tingkat nasional 2021 di Kota Kendari, Sultra.

Ps Kabag Ops Sat Brimob Polda Sultra AKP Asri Diyni di Kendari, Minggu, mengatakan ratusan personel disiagakan untuk mengamankan perhelatan kegiatan nasional tersebut dari potensi-potensi gangguan yang tidak diinginkan.

“Kami persiapkan satu kompi PHH, satu tim escape, satu kompi jibom, satu detasemen antianarkis dengan kekuatan kurang lebih 200 orang,” kata dia.

Asri menyampaikan fokus pengamanan personel Brimob Polda Sulawesi Tenggara adalah titik vital yakni area pembukaan tepatnya di dalam kawasan MTQ Kota Kendari dan beberapa titik venue pertandingan.

“Titik pengamanan adalah pertama di arena pembukaan malam ini, kemudian venue pertandingan ada beberapa titik di situ pakai pola rayonisasi. Itu hasil koordinasi dan hasil rapat jadi, kami ditempatkan di titik yang dianggap rawan di venue-venue itu. Ada yang di Kecamatan Baruga, Poasia termasuk di MTQ,” ujar dia.

Dia menegaskan, jika ke depan masih dibutuhkan kekuatan untuk pengamanan kegiatan berskala nasional itu, maka pihaknya siap menerjunkan personel tambahan.

“Kalaupun ada penambahan kami sudah siap, negara memanggil kami selalu siap,” tegas dia.

Ps Kabag Ops Sat Brimob Polda Sultra AKP Asri Diyni, Minggu (14/11/2021) (ANTARA/Harianto)
Ps Kabag Ops Sat Brimob Polda Sultra AKP Asri Diyni, Minggu (14/11/2021) (ANTARA/Harianto)

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi berharap kepada seluruh lapisan masyarakat termasuk seluruh komponen terkait, agar bersama-sama memberikan dan menciptakan pelayanan terbaik, rasa nyaman, dan aman kepada kafilah MTQ maupun para tamu yang datang ke daerah ini, sehingga saat kembali ke daerah asal masing-masing, dapat menggoreskan kesan rindu untuk kembali berkunjung ke Bumi Anoa tercinta ini.

“Salah satu upaya untuk memberikan dan menciptakan pelayanan terbaik, rasa nyaman, dan aman tersebut, yakni tetap menjaga stabilitas daerah serta bersikap ramah,” kata Ali Mazi.

Dia juga mengingatkan agar mematuhi protokol kesehatan secara ketat, mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19. Jadi, jangan lengah dan tetap waspada, meskipun Sultra saat ini dalam kondisi melandai terkait wabah global tersebut.

Menurut Gubernur Sultra kegiatan skala nasional yang berlangsung di Kota Kendari, Provinsi Sultra sejak 14 hingga 20 November 2021 tersebut, dapat menjadi tanggung jawab bersama dalam kesuksesan penyelenggaraannya.

Pelaksanaan pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-5 Korps Pegawai Negeri Indonesia (KORPRI) tingkat nasional 2021 di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara akan dilaksanakan pada malam ini dengan melibatkan 2.000 pelajar SMU/SMK/MA dan sederajat dengan menampilkan tarian kolosal akbar.(antara/*)