BLITAR – Mentan Pastikan Ketersediaan Pangan Hingga Desember Mendatang Aman

BLITAR – Mentan Pastikan Ketersediaan Pangan Hingga Desember Mendatang Aman

Ditengah pandemi corona, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, melakukan tanam jagung di kabupaten Blitar, Jawa Timur. Mentan juga menjamin ketersedian pangan, hingga bulan Desember mendatang, dipastikan aman. Bahkan untuk wilayah Jawa Timur saja, ketersedian padi mengalami surplus hingga 3 juta ton lebih.

 

Menteri Pertanian,  Syahrul Yasin Limpo, bersama Bupati Blitar, Rijanto, kamis sore melakukan penanaman benih jagung di desa Maliran, kecamatan Ponggok kabupaten Blitar. Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya dari kementerian pertanian, untuk menciptakan ketahanan pangan.

 

Syahrul Yasin Limpo menyatakan, sektor pertanian berkembang cukup baik di masa pandemi corona. Syahrul Yasin Limpo juga menjamin bahwa kebutuhan pangan Republik Indonesia aman hingga bulan Desember mendatang.

 

Selain melakukan penanam benih jagung, menteri pertanian, Syahrul Yasin Limpo, juga memberikan sejumlah bantuan pertanian. Mulai dari benih, peralatan hingga modal tanam, semua diberikan kepada para petani. Sementara itu, di wilayah Jawa Timur, kementerian pertanian mengucurkan dana bantuan senilai 288 miliar.

 

Selain di Kabupaten Blitar, program penanam jagung dan padi ini juga dilakukan di sejumlah daerah, salah satunya Jember dan Bojonegoro. Diperkirakan dengan adanya program penanaman tersebut, Provinsi Jawa Timur akan mengalami surplus padi sebesar 3 juta ton.