Connect with us
header

Blitar

Blitar – Eksekusi Tanah Pembagian Waris Mendapat Perlawanan

Usai mendapat penjelasan dari panitera Pengadilan Agama Blitar, pengukuran tanah warisan dapat terlaksana. Tentunya sesuai putusan pekara pengadilan agama, nomor 2639/pdt.G/ PA Blitar, tanggal 14 Desember 2020.

Diterbitkan

pada

Blitar – Kasus sengketa tanah di Kelurahan Kanigoro, Kabupaten Blitar, akhirnya diiringi dengan protes pihak tergugat terhadap panitera Pengadilan Agama Blitar. Protes terjadi saat tim panitera hendak melakukan pengukuran tanah dalam sengketa warisan. Situasi dalam protes sempat memanas, namun petugas keamanan dapat meredam emosi pihak tergugat.

Panitera pengadilan agama, dan badan pertanahan nasional Kabupaten Blitar, serta pengacara penggugat, mendapat protes dari Anang Suprianto, salah satu tergugat dalam sengketa ahli waris.  Dalam protesnya, pihak tergugat, Anang Suprianto, mempertanyakan prosedur lelang. Berkaitan dengan bidang tanah yang ada dalam sengketa ahli waris keluarga Almarhum Mujahid, dan istrinya, Sapuriatun.

Usai mendapat penjelasan dari panitera Pengadilan Agama Blitar, pengukuran tanah warisan dapat terlaksana. Tentunya sesuai putusan pekara pengadilan agama, nomor 2639/pdt.G/ PA Blitar, tanggal 14 Desember 2020.

Ada tiga objek lahan yang akan pihak pengadilan ukur. 1) Sebidang tanah berukuran 700 meter persegi. 2) Tanah dengan luas 750 meter persegi. Dan 3) area persawahan seluas 3500 meter. Sesuai keputusan hukum agama, pembagian objek warisan untuk anak laki laki, sebanyak seperenam, sedangkan hak anak perempuan sebanyak seperduabelas. Warisan ini akan dibagi kepada delapan ahli waris, terdiri dari empat anak laki laki, dan empat anak perempuan, dari almarhum mujahid.

Dalam sengketa waris keluarga Mujahid ini, pihak pengadilan agama juga mempertimbangkan azaz keadilan dan azaz kemanfaatan. Jika kedua azaz tersebut tidak mendapatkan kesepakatan ahli waris, maka pengadilan agama akan melakukan kajian. Kajian ini berkaitan dengan kesepakatan untuk objek sengketa dapat negara lelang. (red)

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

TV DIGITAL MADU TV

space-iklan-300x400

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

%d blogger menyukai ini: